Selamat datang di Website Resmi

PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL PROVINSI BENGKULU

Hari Gizi Nasional (HGN) yang diperingati setiap tanggal 25 Januari merupakan bagian penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui kemandirian keluarga. Peringatan hari gizi nasional (HGN) di Provinsi Bengkulu diselenggarakan pada tanggal 01 Februari 2019. Bertempat  di halaman  Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Jl. Indra Giri  no. 02 Padang Harapan Kota Bengkulu. Dimotori oleh Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI), lintas program dan lintas sector serta menggandeng  berbagai mitra.

Peringatan Hari Gizi Nasional Tingkat Provinsi Bengkulu dilaksanakan sederhana, namun meriah demikian disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat saat rapat persiapan. Kegiatan ini tidak ada anggarannya, sehingga kita harus mengoptimalkan jejaring dan mengajak mitra untuk berkenan memberikan dukungan dan terlibat aktif dalam kegiatan ini, sekaligus menjadi donatur/sponsor.

Mengusung tema, “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” dengan Sub Tema“Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif”,  dengan  slogan            “Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang”. Kegiatan ini bertujuan:

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.
  2. Untuk meningkatkan komitmen dan kerja bersama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat provinsi, kabupaten/kota. Serta swasta dalam pembangunan pangan dan gizi untuk mencegah stunting.
  3. Untuk meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.

Diikuti 500 peserta  dari :

  1. Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Bengkulu
  2. Laboratorium Kesehatan Provinsi Bengkulu
  3. Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bengkulu
  4. Poltekes Kemenkes Bengkulu (ASN dan mahasiswa/mahasiswi)
  5. Prodi Kesehatan Universitas Bengkulu (ASN dan mahasiswa/mahasiswi)
  6. Seluruh karyawan/karyawati Dinkes Provinsi Bengkulu
  7. Persagi Provinsi dan 10 kabupaten/ kota di Provinsi Bengkulu
  8. Seluruh mitra kerja Dinkes Provinsi Bengkulu

Dalam peringatan ini,  Dinas Kesehatan juga mensosialisasikan pengurangan penggunaan plastik dengan cara panitia tidak menyediakan air minum dalam kemasan. Panitia menyediakan Air Minum isi ulang dan pada saat undangan kami sampaikan diinformasikan agar peserta membawa tempat minum sendiri.

Peringatan Hari Gizi Nasional diawali dengan dilaksanakannya senam Germas Bengkulu dipandu Instruktur Rini Handayani, SKM.  Senam ini merupakan implementasi Germas sekaligus upaya membumikannya agar seluruh masyarakat Bengkulu melaksanakannya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu (H. Herwan Antoni, SKM., M.Kes., MSi) dalam sambutannya menyampaikan pentingnya memasyarakatkan slogan gizi seimbang agar masyarakat teredukasi untuk memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik dan benar. Edukasi ini penting, dalam peringatan ini kita realisasikan dengan menghadirkan 50 murid SDN 5 Kota Bengkulu dan mahsiswa/mahasiswi agar memahami makna pesan gizi seimbang. Gizi seimbang  terdiri atas empat pilar yang pada dasarnya merupakan rangkaian upaya untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk, adapun empat pilar tersebut adalah :

  1. Mengkonsumsi  aneka ragam pangan, karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh, oleh karena itu perlunya keanekaragaman jenis pangan dengan proporsi seimbang, jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan dikonsumsi terus menerus secara teratur.
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih, karena  penyakit infeksi merupakan salah satu factor penting yang mempengaruhi status gizi seseorang secara langsung dan budaya perilaku hidup bersih akan menghindarkan seseorang dari keterpaparan terhadap sumber infeksi.
  3. Melakukan aktifitas fisik, karena aktifitas fisik merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan zat gizi utamanya sumber energi dalam tubuh.
  4. Memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal.

Pesan gizi seimbang agar lebih mudah diterima oleh masyarakat diterjemahkan kedalam Pesan ISI PIRINGKU dan di Provinsi Bengkulu diubah agar menjadi lebih familiar dengan “ISI PIRING AMBO”. Isi Piring Ambo merupakan pemorsian makan setiap kali makan yang terdiri dari setengah piring makan berisi buah dan sayur, selanjutnya setengah piring lagi sepertiganya berupa lauk pauk dan dua pertiganya berupa makanan pokok.

Selanjutnya Peringatan Hari Gizi dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemda Provinsi Bengkulu, Bapak Hamka Sabri, beliau menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan HGN dan berharap dengan peringatan ini dapat lebih mensosialisasikan pesan-pesan gizi sehingga dapat mewujudkan masyarakat Bengkulu terutama generasi penerus yang berkualitas dan sehat.

Acara dilanjutkan dengan parade dari mahasiswa/mahasiswi Poltekkes Kemenkes RI Jurusan Gizi yang menyanyikan lagu-lagi mars gizi. Tamu Undangan dan peserta sangat antusias melihat penampilan dari mahasiswa/ mahasiswi tersebut dengan memberikan aplaus yang sangat meriah.

Selanjutnya lima puluh anak-anak dari SD Negeri 5 Kota Bengkulu yang dibimbing Oleh  Ibu Tri dari SD N 5 dan Ibu Asiska Yuri dari Dinas Kesehatan dengan penuh semangat berbaris rapi menampilkan demo gizi seimbang yang dipimpin oleh mahasiswi Poltekkes Kemenkes Bengkulu Jurusan Gizi. Kemudian secara simbolis diserahkan “Piring Makan Ambo” oleh Asisten I didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan sebagai contoh langsung kepada anak-anak tentang isi piring makan yang benar.

Peringatan HGN Tahun 2019 merupakan kolaborasi dari Lintas Program yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu guna mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat, oleh karena itu dilaksanakan juga stand deteksi dini penyakit tidak menular sebagai muara dari asupan gizi dari tiap individu.  Rangkaian kegiatan ini yang diawali dengan senam germas merupakan program unggulan dari Seksi Promosi Kesehatan dalam upaya menggerakkan peran serta masyarakat untuk beraktifitas fisik secara teratur.

Program kesehatan kerja dan olahraga juga ikut berperan serta dalam mensukseskan peringatan HGN tahun ini. Olahraga yang dilakukan berupa senam diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan para pekerja dalam hal ini Aparatur Sipil Negara dan pekerja formal dan informal yang mengikuti peringatan HGN ini. Harapannya setelah kegiatan ini masyarakat yang mengikuti kegiatan akan membiasakan diri melaksanakan aktifitas fisik secara rutin untuk menyeimbangkan asupan energi yang masuk dan energi yang dikeluarkan.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah pemeriksaan deteksi dini penyakit tidak menular yang dilaksanakan oleh Seksi Pencegahan Penyakit Tidak Menular  yang dikomandoi Kasie P2PTM. Bapak Hamka Sabri (Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan undangan melakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Juga dilakukan pengukuran lingkar perut dan status gizi. Hasil yang didapatkan kemudian dikonsultasikan dengan dokter.

Implementasi germas yang salah satunya adalam makan buah dan sayur setiap hari, maka melengkapi kegiatan ini digelar pameran dan bazar sayur, buah dan ikan, yang diramaikan oleh mitra Dinas Kesehatan yang berasal dari Persagi kabupaten/kota, masyarakat  umum dan partisipan lain. Masing-masing mitra diberikan stand dan mereka menghias stand dengan cantik dan menarik. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan undangan menyempatkan berkeliling meninjau pameran dan bazar tersebut. Tak ketinggalan peserta yang hadir dan karyawan dinas kesehatan sangat antusias dalam meramaikan bazar tersebut dengan membeli semua yang dijajakan oleh mitra.  (Umi Badriyah, SKM., MM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + sixteen =