Selamat datang di Website Resmi

Peresmian Gedung Baru Laboratorum Daerah Provinsi Bengkulu Pacu Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu

Senin, 21 Februari 2022 dilaksanakan Peresmian Gedung Baru Laboratorim Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Bengkulu oleh Gubernur Bengkulu. Peresmian ditandai dengan penandatanagan prasasti dan pengguntingan pita tanda difungsinya segala aktivitas dan kegiatan labkesda di gedung baru.

Diawali dengan dialog interaktif Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang ditayangkan langsung oleh BE Televisi berjudul, “Gedung Labkesda Baru, Pacu Semangat Baru Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu”. Dalam dialog ini membahas tentang urgensi pembangunan Labkesda, apa saja layanan Labkesda, Bisakah Labkesda melaksanakan pemeriksaan omicrone, upaya apa saja yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu seiring merebaknya kasus omicrone, harapan dan himbauan apa yang akan disampaikan kepada masyarakat terkait omicrone.

Sekira pukul 11.00 WIB. Gubernur Bengkulu tiba di Labkesda. Hadirin berdiri menyambutnya dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dipimpin oleh Nurhasanah, SKM. Doa dipimpin oleh Ustaz Sari Gunawan, SKM., MSi dilanjutkan dengan penanda tanganan MoU antara Labkesda dengan RS Gading Medika dan STIKES Dehasen.

Selanjutnya laporan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, SKM., M.Kes., MSi yang menyatakan bahwa Pembangunan Gedung Labkesda menghabiskan anggaran 16 milyar dari DAK 2021. Hasilnya terbangun 3 unit gedung yaitu: gedung administrasi, gedung penunjang pelayanan dan gedung pelayanan laboratorium. Dengan telah terealisasinya pembangunan gedung ini kita akan berusaha menambah peningkatan pelayanan laboratorium dengan melengkapi peralatan dan tenaga profesional dalam bidangnya. Untuk kita ketahui bersama selama pandemi ini Labkesda Provinsi Bengkulu sangat berperan aktif dalam mendukung pemeriksaan swab antigen dan pengambilan sampel PCR yang dikirim ke Laboratorium PCR RSUD M. Yunus Bengkulu. Gedung baru ini haparannya memacu semangat baru dalam  peningkatan pelayanan Labkesda kepada masyarakat, khususnya pelayanan swab antigen dan pengambilan sampel PCR. Kedepan kita akan mendorong Labkesda ini menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dalam peresmian ini juga dikukuhkan 12 orang Agen Of Change (AOC)/Agen perubahan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berdasarkan SK Nomor 776.a/440.II.2.Kes/II/2022 tanggal 9 Februari 2022. AOC ini dipilih dari masing-masing bidang  yaitu bidang kesmas 2 orang, bidang pelayanan kesehatan 2 orang, bidang pencegahan dan pengendalian penyakit 2 orang, Sekretariat 2 orang, Labkesda 2 orang dan UPT Pelkes 2 orang. Kedua belas orang ini bertugas: 1) sebagai katalis, yakni meyakinkan pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu tentang pentingnya perubahan tata kelola pemerintahan menuju yang lebih baik; 2) sebagai pemberi solusi yakni memberikan alternatif pemecahan masalah/kendala untuk mewujudkan  tata kelola pemerintahan menuju arah yang lebih baik; 3) sebagai penggerak perubahan yakni mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan tata kelola pemerintahan menuju arah yang lebih baik; 4) sebagai mediator yakni membatu malancarkan proses perubahan terutama menyelesaikan masalah yang muncul didalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan membina hubungan antara pihak-pihak yang ada di dalam (internal) dan pihak luar (eksternal); 5) sebagai penghubung sumberdaya yakni menghubungkan antar pegawai yang ada pada Dinas kesehatan Provinsi Bengkulu, pemilik sumber daya atau pembuat kebijakan dan masyarakat; 6) sebagai teladan (role model), yakni bertugas sebagai individu yang dapatdijadikan contoh dalam berprestasi, bertingkah laku dan berfikir dalam pola yang lebih maju.

Berikutnya penayangan vidio selayang pandang UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Bengkulu, memiliki visi, “Menjadikan UPTD Labkesda sebagai Sentral Diagnosis Terpadu di Provinsi Bengkulu”. Berdiri 1 Februari 1971 bernama Laboratorium Daerah dibawah Direktorat Binkesmas Depkes RI . Tahun 1978 Laboratorium Kesehatan Daerah berkembang menjadi Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) dibawah UPT Pusat Laboratorium Kesehatan Depkes RI. Pada Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Bengkulu meresmikan gedung megah  Labkesda Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 3 unit gedung dan 3 lantai. Labkesda melayani pemeriksaan klinik diantaranya: PCR, Patologi Klinik, Pemeriksaan X-Ray dan Fisioteraphy. Labkesda juga menyediakan layanan pemeriksaan laboratorium kesehatan masyarakat antara lain: parameter logam kualitas air, kualitas air limbah industri, pemeriksaan udara embien, pemeriksaan emisi udara, kimia makanan, mikrobiologi makanan dan minuman, parameter kimia kualitas air dan bakteriologi air. Keunggulannya ialah menjadi satu-satunya laboratorium yang melakukan pemeriksaaan khultur bakteri dan resistensi antibiotik di Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan pemberian tali kasih bagi 15 keluarga meninggal karena Covid-19 berupa sembako dan uang tunai yang diserahkan langsung oleh Gubernur Bengkulu. Akhirnya sambutan Gubernur Bengkulu meresmikan Labkesda  yang intinya sebagai berikut: “Bersyukur bahwa pada kesempatan kali ini kita bisa bersama-sama berkumpul di tempat ini guna meresmikan gedung baru Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Bengkulu. Ini adalah penanda adanya perubahan menuju Bengkulu berkemajuan, yang saat ini gedungnya sudah megah yang dibangun oleh putra daerah dengan proses penunjukkan yang transparan melalui lelang dan ditunjuk ULP tanpa ada intervensi pihak manapun sehingga menghasilkan bangunan yang sesuai fungsi dan kualitas yang memadai. Intinya adalah membangun dengan moral dan integritas yang baik. Beliau berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat berdedikasi untuk membangun labkesda ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Bengkulu dan kepada jajaran kesehatan kiranya bisa mengupayakan melengkapi peralatan mengajukan pemenuhan ketenagaan yang profesional dan kita dorong untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah.  Selain itu tadi ada pengukuhan agent Of Change atau agen Perubahan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Saya yakin dan percaya bahwa orang-orang yang terpilih pastilah mereka yang berdedikasi tinggi dan bisa menjadi role model bagi reformasi birokrasi ke arah tata kelola pemerintahan yang baik. Selanjutnya Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah menandatangani prasasti dan menggunting pita serta meninjau 3 unit gedung Labkesda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 10 =