Selamat datang di Website Resmi

PEREGANGAN UNTUK MENGHINDARI KELELAHAN SELAMA BEKERJA

By : Juniati, SKM

        Pembimbing Kesehatan Kerja  Muda

        Dinas Kesehatan provinsi  Bengkulu

Peregangan atau stretching di tengah padatnya jam kerja dianggap mampu menjaga fleksibilitas otot. Apalagi kalau pekerjaan kita menuntut untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam. Sadar atau tidak, aktivitas ini dapat membuat postur tubuh menjadi bungkuk, sehingga bagian punggung dan leher mudah sakit dan pegal.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan peregangan di sela-sela pekerjaan kita, sehingga dapat menghilangkan ketegangan pada tubuh serta pikiran menjadi lebih fokus. Hanya dibutuhkan waktu tidak sampai 5 (lima) menit untuk melakukan peregangan ini.

            Peregangan sangat baik dilakukan untuk menghindari kelelahan selama bekerja dalam rangka perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja agar bekerja secara selamat dan sehat.

            Pada dasarnya peregangan dilakukan dua jam setelah melakukan pekerjaan/rutinitas kantor. Tujuannya adalah agar badan menjadi sehat, peredaran darah menjadi lancar, otot-otot mengendur dan yang paling utama adalah refresing setelah bekerja selama 2 (dua) jam.

            Di Dinas Kesehatan provinsi Bengkulu, peregangan dilakukan di loby dinas kesehatan provinsi Bengkulu yang dipandu oleh analis keolahragaan di seksi kesling dan kesjaor dinas kesehatan provinsi Bengkulu. Di mana semua karyawan dinas kesehatan provinsi Bengkulu berkumpul di suatu tempat yaitu loby dinkes provinsi Bengkulu untuk melakukan peregangan SAHDUYANG (sehari dua kali goyang) yaitu pada jam 10.00 wib dan jam 14.00 wib.

            Peregangan bisa memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah menggerakkan satu persatu sendi-sendi di tubuh mulai dari yang paling bawah hingga paling atas. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk meregangkan tubuh adalah memutar,menekuk,menarik dan mendorong. Setiap gerakan sebaiknya dilakukan selama 10-30 detik. Atau bisa juga dilakukan lebih lama (≤ 5 menit) sampai kita merasa otot-otot mengendur.

Munculnya rasa pegal, tulang punggung sakit, serta mudah lelah, bisa disebabkan karena kurangnya gerak. Apalagi saat bekerja biasanya terlalu banyak duduk dan berjam-jam menatap komputer. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada leher akibat postur tubuh yang cenderung membungkuk saat mengetik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari munculnya masalah tadi adalah melakukan peregangan. Gerakan peregangan mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tidak mesti dipandu oleh orang lain, kita sendiripun bisa melakukan gerakan peregangan di meja atau ruang kantor tempat kita bekerja.

8 Jenis Peregangan untuk Pekerja Kantoran, Tetap Sehat dengan Gerakan Sederhana

Peregangan biasanya dilakukan dengan gerakan yang sederhana, tetapi dapat mengembalikan postur tubuh, sehingga dapat menghindari munculnya rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari melakukan peregangan, yaitu:

  • Meningkatkan fleksibilitas. Rutin melakukan peregangan akan meningkatkan fleksibilitas. Tubuh yang fleksibel atau lentur tidak hanya memudahkan saat berolahraga, tetapi juga dapat membantu aktivitas sehari-hari.
  • Mengurangi stres. Melakukan peregangan akan membuat otot tubuh menjadi santai dan rileks, sehingga dapat menghindari terjadinya stres.
  • Memperbaiki metabolisme tubuh.  Peregangan yang dilakukan secara rutin dapat melancarkan sistem peredaran darah, sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme.
  • Menghindari cedera. Melakukan peregangan dapat memaksimalkan vitalitas, sehingga tubuh mudah beradaptasi dengan gerakan tiba-tiba. Hal ini akan membantu tubuh terhindar dari cedera yang terjadi saat berolahraga.
  • Memperbaiki postur tubuh. Posisi duduk yang salah akan menyebabkan tubuh cenderung membungkuk. Melakukan peregangan dapat mengembalikan posisi punggung menjadi tegak. Selain itu, melakukan peregangan juga dapat mengembalikan tulang ekor pada posisinya.

Jadi meskipun berat dilakukan, kita perlu aktif bergerak agar tetap bugar saat bekerja, terlebih jika kita bekerja sambil duduk. Kita bisa melakukan rileksasi dengan berjalan di tempat atau meregangkan otot badan. Karena, beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan level energi. Aktivitas fisik, seperti peregangan/stretching dapat meningkatkan semangat, rasa percaya diri, efektivitas dalam bekerja, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 12 =