Selamat datang di Website Resmi

Penyerahan Tanda Penghargaan kepada Puskesmas Penyelenggara PIS-PK Dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Oleh: Supardi, SH., M.Kes

Senin, 27 Desember 2021 di Halaman Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dilaksanakan penyerahan penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Puskesmas yang menyelenggarakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) terbaik. Penyerahan dilaksanakan setelah upacara mingguan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu (H. Herwan Antoni, SKM., M.Kes., MSi.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun 2021 dan diterima oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu (drg. Edriwan Mansur, MM) pada 14 Desember 2021 di Jakarta, diserahkan langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemkes RI  (dr. Kalsum Komaryani, MPPM).  Proses penilaianan dilaksanakan secara virtual oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui aplikasi KS versi 2.0.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengucapkan syukur Alhamdulilah, meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19, kita masih bisa melaksanakan PIS-PK. Selain itu ucapan selamat kepada Puskesmas yang telah melaksanakan PIS-PK dan mendapatkan penghargaan  ini, apa yang telah kita lakukan dan raih seyogyanyalah ditingkatkan, atau setidaknya dipertahankan di masa yang akan datang. Selain itu kita harus meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi dengan sektor lain, ini bisa kita buktikan bahwa selama 2 tahun pandemi, kita bersama-sama dengan Satgas Covid-19 dan Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan berbagai sektor demi mencapai target vaksinasi. Alhamdullah capaian vaksinasi kita hari ini 73% dosis 1 dan 46% dosis 2, serta posisi 18 nasional.

Berikut ini Puskesmas yang mendapatkan penghargaan :

  1. Puskesmas Sukamerindu Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu Penghargaan IKS Tertinggi Tingkat Provinsi.
  2. Puskesmas Tanjung Agung Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong Penghargaan IKS Tertinggi Tingkat Provinsi.
  3. Puskesmas Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu  Penghargaan IKS Tertinggi Tingkat Provinsi.
  4. Puskesmas Napal Putih Kecamatan Napal Putih Kabupaten Bengkulu Utara Penghargaan Peningkatan IKS Tertinggi Tingkat Provinsi.
  5. Puskesmas Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma Penghargaan Peningkatan IKS Tertinggi Tingkat Provinsi.

  Sekedar menyegarkan ingatan kita, bahwa Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan pelindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Program Indonesia Sehat diperlukan pendekatan keluarga, yang mengintegrasikan upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan target keluarga, berdasarkan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesi Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaran Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga menjadi dasar pelaksanaannya. Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga bertujuan untuk: meningkatkan akses keluarga berserta anggotanya, terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif, meliputi pelayanan promotif dan preventif serta
pelayanan kuratif dan rehabilitatif dasar; mendukung pencapaian standar pelayanan minimal kabupaten/kota; melalui peningkatan akses dan skrining kesehatan; mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional; dan mendukung tercapainya tujuan Program Indonesia Sehat. Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga terdiri atas 4 (empat) area prioritas yang meliputi: a. penurunan angka kematian ibu dan bayi; b. penurunan prevalensi balita pendek (stunting); c. penanggulangan penyakit menular; dan  d. penanggulangan penyakit tidak menular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + nine =