Selamat datang di Website Resmi

PENTINGNYA MINUM AIR YANG CUKUP SELAMA BEKERJA UNTUK MENGHINDARI DEHIDRASI

By : Juniati, SKM   Pembimbing Kesehatan Kerja Muda

Bekerja merupakan sebuah keharusan bagi kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam kegiatan bekerja kita dipaksa untuk menggerakan tubuh dan pikiran kita. Konsentrasi adalah salah satu faktor utama dalam kegiatan bekerja. Apabila kita kehilangan konsentrasi dalam bekerja pasti itu mempengaruhi kinerja kita, dan untuk memenuhi hal tersebut kita harus minum. Kita tidak bisa menyepelekan dalam pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh kita mengingat salah satu manfaat air putih agar terhindar dari dehidrasi. Kekurangan air (dehidrasi) bisa berakibat buruk pada kinerja tubuh,ditambah kita bekerja sehari full. Namun, dalam pemenuhan kebutuhan air kita terkadang tidak konsisten, bahkan terkesan menyepelekan hal tersebut. Alasan yang paling sering digunakan adalah lupa untuk minum,karena terlalu sibuk dalam bekerja.

Adapun manfaat air putih yang akan kita rasakan ketika kita mengonsumsinya secara berkala ketika kita bekerja, yaitu:

  • Peningkatan Energi

Dehidrasi menyebabkan tubuh lemah dan dan mudah lelah. Ini bisa menyebabkan kita menjadi lamban baik secara fisik maupun mental. Dehidrasi sangat umum terjadi pada pekerjaan yang membutuhkan banyak gerakan yang menyebabkan tubuh berkeringat. Maka dianjurkan minum air secara teratur agar tubuh menjadi segar dan berenergi untuk meningkatkan produktivitas dan Konsentrasi kerja.

  • Membantu Fungsi Otak

Otak kita sekitar 75 persen berisi air, yang berarti dehidrasi memiliki efek langsung pada fungsinya. Efek dehidrasi pada otak yang bisa kita rasakan adalah seperti penurunan kewaspadaan, reaksi yang lambat, serta berkurangnya rentang perhatian. Dengan menjaganya tetap terhidrasi memastikan bahwa otak kita berfungsi dengan efektif.

  • Membantu Mengurangi Stress

Dengan menjaga agar tetap terhidrasi memastikan bahwa kadar kortisol (hormon pemicu stres) tetap terjaga. Ketika kita stres di tempat kerja kita tidak hanya mengganggu kinerja kita sendiri, tetapi juga orang yang bekerja dengan kita sebagai tim. Suasana hati membaik. Jika kita mengalami sedikit dehidrasi saja bisa langsung mempengaruhi suasana hati kita. Dengan meminum air yang cukup, dapat membuat suasana hati kita baik. Akhirnya kita memiliki hubungan baik dengan rekan kerja.

  • Mencegah sakit kepala

Jika kita mengalami sakit kepala sehingga tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, berarti kamu terkena dehidrasi. Dehidrasi mengurangi aliran darah dan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan sakit kepala dan juga migrain, sehingga membuat kita bekerja kurang optimal.

  • Memperlancar saluran pencernaan

Dengan asupan air putih yang cukup dapat membantu lancarnya saluran pencernaan dalam bekerja, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Air melarutkan mineral, vitamin, glukosa dan zat gizi lainnya agar zat gizi tersebut dapat dihantarkan ke setiap sel, sehingga sel dapat berfungsi dengan baik. Dan ketika kita sedang bekerja tidak terganggu dengan pencernaan yang kurang baik.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi air putih bagi tubuh dapat menyebabkan hal positif karena air dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada pada tubuh. Cairan-cairan ini dapat membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga dapat mencegahnya tubuh dari serangan sumber penyakit seperti bakteri, kuman dan lainnya. Ketika kita sedang sakit, juga sangat menganggu pada saat bekerja, jadi lebh baik mencegah daripada mengobati [2]

  • Pertahankan kesegaran kulit

Bekerja di kantor dengan menggunakan ac terlalu lama bisa membuat kulit terasa kering. Minum air putih bisa membuat kulit tidak kering atau keriput dan dapat men cegah kulit kering, salah satunya dengan mengonsumsi air putih. Dengan minum air putih, cairan yang masuk ke dalam tubuh akan membantu sirkulasi darah yang juga dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat, tidak kering, dan tidak kusut.

Alasan yang paling sering terucap apabila kita sedang bekerja dan tidak minum adalah lupa minum karena terlalu sibuk ketika bekerja. Padahal hal tersebut sangatlah penting karena kita membutuhkan air ketika bekerja agar terhindar dari dehidrasi.

Di Jepang, di mana orang bekerja rata-rata 60-70 jam seminggu, sekitar 10.000 orang tewas di meja kerja dalam setahun, sebuah fenomena yang dikenal sebagai “karoshi”. hal ini dikarena salah satu masalah kesehatan paling umum di tempat kerja yaitu dehidrasi.

Sangat mudah untuk melewatkan konsumsi air putih yang cukup ketika kita fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, bahkan banyak dari kita justru beralih meminum teh atau kopi dengan alasan meningkatkan fokus. Namun ini justru berbahaya mengingat efek diuretik yang ada dalam minuman tersebut, diuretik adalah suatu efek yang meningkatkan buang air kecil sehingga mengeluarkan cairan lebih banyak hingga akhirnya menyebabkan dehidrasi.


Masalah utama dehidrasi adalah anda tidak selalu merasakan efeknya dengan jelas, tidak seperti dengan masalah kesehatan lainnya seperti nyerti punggung akibat terlalu lama duduk atau mata lelah karena menatap layar komputer. Minum air putih secara teratur mampu melumasi sendi dan mata, menjaga kulit tetap sehat, memungkinkan pencernaan optimal, menghilangkan racun dan mengoptimalkan energi yang dihasilkan melalui sel-sel. Selain mengurangi konsentrasi, tidak minum air dengan baik dapat menciptakan ketidakseimbangan garam dan gula dalam tubuh yang dapat dengan cepat menyebabkan masalah kesehatan lain.


Sebuah survei baru-baru ini menunjukan bahwa terjadi kerugian sebesar $ 2,5 miliar dalam produktivitas setiap tahun sebagai akibat dari orang-orang yang mengambil cuti karena penyakit kronis – banyak di antaranya dapat diakibatkan karena dehidrasi.


Kita tidak menyadari betapa banyak cairan yang hilang sepanjang hari. Berkeringat, mengunjungi kamar mandi dan bahkan bernafas menghabiskan cairan vital dalam tubuhkita.
Dehidrasi ringan hingga sedang yaitu:

  • Mulut kering,
    • Kelelahan,
    • Tidak merasa buang air kecil,
    • Sakit kepala,
    • Kabut di kepala, dan
    • Kurangnya konsentrasi.

Dehidrasi parah dapat mencakup gejala-gejala seperti

  • Iritabilitas,
    • Kebingungan,
    • Rasa haus yang ekstrem,
    • Detak jantung yang cepat,
    • Pernapasan cepat, dan
    • Tidak ada buang air kecil atau urin yang berwarna gelap.

Bagaimana seorang pekerja dapat menghindari dehidrasi di tempat kerja
Kesadaran akan dampak buruk dari dehidrasi merupakan hal terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari . Ada beberapa cara efektif untuk mendorong diri kita untuk menjaga asupan air tetap tinggi.

  • Siapkan program hidrasi di tempat kerja
    Mendorong karyawan untuk tetap terhidrasi adalah cara utama untuk menjaga agar hidrasi tetap maksimal. Kantor dan tempat kerja lainnya dapat menerapkan sistem untuk melakukan ini dengan cara yang jelas dan efektif.
    • Buat sistem air minum yang mudah diakses
    • Beri pengetahuan mengenai pentingnya hidrasi
    • Singkirkan minuman soda
    • Bagaimana Karyawan Dapat Memastikan Mereka Berhidrasi Dengan Baik
      • Gunakan aplikasi pemantauan hidrasi
      • Selalu bawa botol air
      • Makan lebih banyak makanan yang mengandung air
      • Kurangi asupan kopi dan teh
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2015/05/27/c0299937-ec36-4a17-9fce-b6336400d77f_169.jpg?w=700&q=90

Idealnya, manusia membutuhkan cairan sebanyak delapan gelas sehari. Akan tetapi, sekarang aturan minum air tersebut dinilai kurang tepat karena kebutuhan air tiap orang berbeda, tergantung dari kondisi tubuh. Maka itu, penting untuk menghitung berapa banyak air yang dibutuhkan, apalagi saat bekerja.

Mengutip dari Times of India, jenis kelamin juga dapat memengaruhi jumlah air yang dibutuhkan tubuh. Untuk pria biasanya membutuhkan lebih banyak air daripada wanita. Ini karena pria lebih besar dan lebih berat daripada wanita. Selain jenis kelamin, iklim tempat tinggal pun mempengaruhi kebutuhan air.

Aturannya untuk menghitung kebutuhan air harian seseorang adalah setiap 15 kilogram berat badan, Anda harus minum satu liter air. Katakanlah, berat badan Anda 60 kilogram, berarti Anda harus mengonsumsi 4 liter air sehari.

Begitu pun untuk waktu minum yang tepat, sebenarnya selama Anda masih terhidrasi, itu tidak terlalu menjadi masalah. Namun, ada baiknya Anda minum lebih banyak air di paruh pertama hari itu dan lebih sedikit di paruh kedua hari itu. Ini supaya Anda tidak terus-terusan buang air kecil.

Sebagai contoh, jika Anda harus minum 4 liter sehari, minum 2,5 liter di paruh pertama hari dan 1,5 liter di paruh kedua hari itu. Nah saat sedang bekerja, coba Anda minum 2 hingga 2,5 liter perhari selama berada di kantor.

Meskipun banyak pegawai kantoran yang bekerja di dalam ruangan ber-AC, minum air putih dengan jumlah sedikit karena tidak merasa haus, tapi minum cukup tentu sangat penting.

Jika kita berbicara dari sudut pandang pekerjaan yang menguntungkan, pertama, hidrasi yang tepat akan membuat otak Anda bekerja lebih baik dan akan meningkatkan kinerja Anda. Kedua, itu akan membuang racun dari tubuh Anda, mengurangi kelelahan serta meningkatkan produktivitas Anda.Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Air Minum Bagi Pekerja