Selamat datang di Website Resmi

Penilaian Sekolah Sehat Di Kota Bengkulu

Oleh: Supardi, SH., M.Kes.

Kamis, 9 September 2021, dilaksanakan penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Tahun 2021 di  SDN 07 Kota Bengkulu.  Lomba ini merupakan upaya provinsi dalam rangka pembinaan sekaligus apresiasi berupa pemberian reward kepada kabupaten/kota agar terus berkarya, berinovasi dan terus meningkatkan kualitasnya, sehingga bisa  lebih dikenal oleh masyarakat  luas.

Lomba ini sedianya untuk 3 kategori, SD, SLTP dan SLTA, namun kota hanya mengajukan SDN 07 menjadi peserta lomba kali ini. Tentu ini menjadi pertanyaan kita semua mengapa tidak mengirimkan wakilnya untuk kategori SLTP dan SLTA, pertimbangannya adalah keinginan untuk dapat mengikuti lomba dengan totalitas demi menorehkan prestasi terbaik.

Tim penilai LSS diterima di SDN 07 Kota Bengkulu

Prosesi penilaian SDN 07 Diawali dengan penyambutan  kedatangan tim penilai yang sangat sederhana, begitu tiba di gerbang diperiksa suhu tubuh oleh duta murid atau dokter kecil sekolah yang didampingi kepala sekolah dan guru. Selanjutnya diarahkan menuju aula untuk pemaparan program usaha kesehatan sekolah dan beberapa kegiatan unggulan. Terungkap dalam paparan bahwa sekolah ini mengedepankan upaya pemberdayaan masyarakat dan kemitraan dalam melaksanakan kegiatan.

Tim Penilai LSS melaksanakan peninjauan

Ada beberapa kegiatan yang menggandeng CSR dari berbagai mitra, antara lain: Bank Indonesia, Jiwasraya, Pertamina. Kegiatan lain berupa upaya menghijaukan sekolah dengan mengajak murid-murid membawa dan merawat satu tanaman membuat suasana sekolah yang asri, sejuk dan indah. Murid-murid juga dibina keterampilannya untuk membuat karya sesuai dengan bakat dan minatnya, ini dibuktikan dengan karya-karya kreatif nan indah memenuhi ruang aula.

Tim Penilai LSS menyimak paparan

Dalam kesempatan penilaian ini ditampilkan orasi karya-karya seperti: membuat hand sanitizer sendiri, membuat minyak serai dan pemanfaatan barang bekas sebagai wujud cinta terhadap lingkungan. Selain itu sekolah ini juga melaksanakan gerakan bawa botol minum sendiri sebagai upaya meminimalkan limbah plastik. Tim penilai lomba provinsi yang diketuai Kabid. Kesmas Dinkes. Provinsi Bengkulu (Nelly Alesa, SIP., SKM, M Si) dengan seksama menyimak penyajian murid-murid SDN 07 Kota Bengkulu yang menampilkan karya-karya luar biasa. Dalam sambutannya Ketua Tim Penilai mengawalinya dengan memperkenalkan tim penilai yang melaksanakan tugas berdasarkan SK Gubernur Bengkulu yang terdiri dari berbagai lintas sektor, yaitu: Dinkes, Diknas, Kmenag dan Kesra.  Tak lupa pantun pun disampaikan sebagai  balasan karenactadi  Pak Camat Teluk Segara  menyambutnya dengan pantun, demikian pantunnya, “Jalan-jalan ke Sungai Suci, Singgah dulu di Kampung Bali, Sungguh senang kami hari ini, Berada di SDN 07 kota sungguh berseri”. Berikutnya menyapa Ketua Forum Kota Sehat (Drs. Arifin Daud, MH) dan lintas sektor yang hadir antara lain Dinkes, Dikbud, dan Camat. Hanya saja, Pemda Kota belum terlihat partisipasi aktifnya dalam pembinaan UKS. Penilaian sekolah sehat hanyalah reward dari Pemerintah Provinsi yang harapannya terjadinya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini dan membudaya di masyarakat. Di akhir sambutan pantun penutupnya, “Beli buku langsung disampul, Harapan jadi juara satu semoga  terkabul. Selanjutnya tim berpencar melaksanakan penilaian UKS di SDN 07 Kota Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =