Selamat datang di Website Resmi

Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah TGC Puskesmas Angkatan VIII

Oleh: Supardi, S.H., M. Kes

UPT Pelatihan Kesehatan Provinsi Bengkulu menyelenggarakan  Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah bagi Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas Angkatan VI tanggal 20-26 September 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan keterampilan bagi tenaga kesehatan di Puskesmas dalam merespon  terjadinya KLB dan wabah di wilayah kerjanya.

Foto bersama Peserta dan Fasilitator Pelatihan TGC Angkatan VIII

Pesertanya berjumlah 30 orang yang berasal dari 10 Puskesmas di wilayah Kabupaten Seluma yaitu: Siabun, Cahaya Negeri, Air Periukan, Masmambang, Seluma Timur, Pajar Bulan, Kembang Mumpo, Dusun Tengah, Dermayu dan Babatan. Masing-masing Puskesmas mengirimkan 3 peserta yang terdiri dari petugas surveilans, laboratorium dan promosi kesehatan.

Peserta melaksanakan simulasi pelaksanaan TGC di Puskesmas

Selama 7 hari, peserta dibekali teori, diskusi, simulasi dan praktek kelas terkait penanggulangan KLB dan wabah serta bagaimana membentuk tim dan bekerja bersama tim. Tim Gerak Cepat  (TGC) adalah    tim    yang    tugasnya membantu upaya penanggulangan KLB/wabah.

Tim fasilitaor

Materi inti dalam pelatihan ini: 1) Surveylans Penyakit Menular; 2) Manajemen Risiko Pandemi; 3) Penyelidikan Epidemiologi Penyakit Menular Potensial KLB dan Wabah; 4) Pencegahan dan Pengendalian Infeksi terkait Penyakit Menular Potensial KLB dan Wabah; 5) Pengelolaan Spesimen Penyakit Menular Potensial KLB dan Wabah;   dan 6) Komunikasi Risiko. Kejadian Luar Biasa yang selanjutnya disingkat KLB, adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah. wabah adalah kejadian di mana suatu penyakit menular mengalami peningkatan secara pesat dan nyata, melebihi keadaannya yang lazim di suatu wilayah pada waktu tertentu serta dapat menimbulkan malapetaka, demikian  menurut UU Wabah tahun 1984

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × two =