Selamat datang di Website Resmi

MOUNTAIN VALLEY FESTIVAL

By. KURNIA SUCI PUTRI,SKM.,MPH

Mountain valley festifval sebuah event yang digelar oleh Kabupaten Kepahiang dalam rangka mempromosikan produk unggulan, dan menarik wisatawan mengunjungi daerah ini. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu. Tak ketinggalan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu turut hadir dan membuka stand pameran.

Selaras dengan sebutannya lokasi kegiatan berada di Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan tepatnya perbukitan dan hamparan luas kebun teh, menghijau ranau bagaikan bentangan permadani. Udara sejuk pengunungan semilir berhembus menyejukkan suasana gelaran pameran yang dilakukan sebagai komunikasi informasi dan edukasi kesehatan (KIE) kepada masyarakat sekaligus penyebaruasan informasi dalam bentuk pameran.

Pameran ini bertujuan mengajak masyarakat Kabupaten Kepahiang dapat mempraktekkan gerakan masyarakat hidup sehat dalam rangka menuju Bengkulu Bebas Stuting 2030, makan sayur dan buah, gerakan BBM (bawa botol minum) sendiri di tempat kerja atau sekolahan, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala.Secara khusus  bertujuan:

  1. Tersosialisasikanya 
    Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat khususnya Isi Piring Ambo di Kabupaten Kepahiang.
  2. Tersosialisasikanya Rencana Aksi Daerah Aksi Rafflesia untuk pencegahan stunting di
    Kabupaten Kepahiang
  3. Tersosialisasinya
     program Bengkulu Bebas Stunting 2030 di Kabupaten Kepahiang
  4. Tersosialisasinya prioritas Utama GERMAS yaitu
    Pemeriksaan kesehatan Secara berkala dalam rangka penanggulangan penyakit tidak
    menular.
  5. Tersosialisasinya Surat Edaran Menteri Kesehatan
    Republik Indonesia dan Gubernur Bengkulu dalam rangka selalu membawa botol
    minum ke tempat kerja dalam rangka penurunan penggunaan limbah plastik.

Kabupaten Kepahiang mengadakan pameran dalam rangka agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk melakukan promosi pariwisata dan hasil perkebunan dan pertanian. Tema pameran kali ini, “Mountain Valley Festifal (Fruits and Vegetable Expo Plus Livestock Contest)”. Pelaksanaannya pada tanggal 22 – 27 September 2019. Pameran ini diikuti oleh seluruh OPD yang ada di Kabupaten Kepahiang, dan perwakilan dari setiap kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Memanfaatkan momen ini, maka Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang hadir dalam rangka penyebarluasan informasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan sasaran yang lebih fokus dan spesifik.

Fokus pameran kali ini adalah  penyebarluasan informasi tentang:  pencegahan stunting, memperkenalkan Isi Piring Ambo, pemeriksaan kesehatan secara berkala dengan melakukan pengisian buku “cek kesehatan ambo” dan sosialisasi BBM (Bawa Botol Minum)  sendiri ke sekolah atau tempat kerja. Spesifiknya adalah sasaran/jangkauan penyebarluasan informasi yaitu masyarakat Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang.

Hari pertama, Senin tanggal 23 September 2019 pameran yang seharusnya dibuka oleh Gubernur Bengkulu, akhirnya dibuka oleh Asisten II Provinsi Bengkulu,  yang di hadiri Bupati Kepahiang, Bupati Lebong, Bupati Bengkulu Tengah dan perwakilan dari bupati  lainnya se- Provinsi Bengkulu.

Selama 6 hari mengikuti pameran Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu membagi-bagikan botol minum kepada masyarakat Kepahiang sebanyak 700 buah botol. Pembagian botol minum bertujuan meningkatkan kesadaran mayarakat untuk mengurangi sampah plastik, dengan cara  mempraktikkan gaya hidup sehat yang ramah lingkungan. Masyarakat dapat membawa botol minum ke tempat kerja atau sekolah.

Selain membagikan botol minum, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang melakukan pemerikaan kesehatan gratis: kolesterol, gula darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut serta tekanan darah. Hasil pemeriksaan tersebut di catat dalam buku pemeriksaan kesehatan ambo.

Luar buasa antusias masyarakat berkunjung ke stand Dinas Kesehatan.  Hal ini terlihat dari panjangnya antrian masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan dan tertarik untuk mendapatkan sovenir berupa botol minum. Stand Dinas Kesehatan  sangat diminati dan selalu ramai setiap hari sampai pada hari terakhir pameran stand selalu banyak di kunjungi oleh masyarakat baik dari kalangan masyarakat umum, petani, pekerja perkebunan bahkan Pegawai Negeri Sipil Daerah. Setiap harinya selalu ada antrian yang kecewa karena kehabisan stok souvenir.

Pada hari ke enam, yang  merupakan hari terakhir stand Dinas Kesehatan Provinsi buka, suasana pameran sangat ramai dikarenakan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang melakukan kegiatanSsenam GERMAS bersama. Peserta Senam GERMAS bersama ini terdiri dari PNS setiap OPD Kabupaten Kepahinag dan masyarakat kecamatan maupun desa setempat. Setelah melakukan senam GERMAS bersama stand dinas kesehatan Provinsi Bengkulu di serbu oleh peserta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Momen ini tentu tidak disia-siakan begitu saja oleh petugas stand pameran, penyuluhan implementasi Germas pun disampaikan..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + seven =