Selamat datang di Website Resmi

MONITORING PADAT KARYA TUNAI DESA (PKTD) DAERAH SULIT DI DESA AIR KEMUNING KABUPATEN SELUMA

Oleh Yunanda Rezki Shola, STr.Kes

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan dukungan dalam pembangunan jamban di Indonesia khususnya di daerah-daerah yang sulit sebagai percepatan stop buag air besar sembarangan. Provinsi Bengkulu mendapat bantuan dana dari kementerian kesehatan di kabupaten seluma yaitu desa air kemuning dan desa padang kuas. Bantuan dana tersebut diperuntukkan untuk membuat kamar mandi, septic tank dan sarana tempat cuci tangan. Kegiatan pembangunan ini berlangsung selama 6 bulan. Adapun sasaran yang mendapatkan bantuan ini adalah :

  1. Keluarga miskin yang sudah berperilaku hidup bersih dan sehat atau belum mengakses sarana sanitasi aman
  2. Kk mempunyai ibu hamil dan lansia
  3. Kk mempunyai bayi dan balita
WhatsApp Image 2021-12-01 at 14
WhatsApp Image 2021-12-01 at 14
WhatsApp Image 2021-12-01 at 14

Tim Provinsi melakukan Monitoring Evaluasi Program PKTD di Desa Air Kemuning bersama Dinkes Kabupaten Seluma, Sanitarian, Kepala Desa, Babinsa dan KKM desa melihat konstruksi bangunan ke rumah warga. Proses pembangunan sarana jamban di Desa Air Kemuning telah selesai 100%, konstruksi bangunan dan sarana CTPS yang di bangun sesuai dengan standar di Juknis PKTD Daerah Sulit. Sarana yang terbangun sebanyak 15 unit yang terdiri dari bangunan jamban dan sarana CTPS permanen.

“Harapan kami untuk Sarana yang telah dibangun harus dipelihara dan dirawat agar tidak mudah rusak, dan apabila salah satu tetangga yang belum memiliki jamban harap di perkenankan untuk sharing di jamban tersebut agar tidak mencemari lingkungan. Sehingga tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =