Selamat datang di Website Resmi

Mengenal dan Mengobati Sakit Maag

Tidak semua sakit maag dapat diatasi dengan golongan antasida (seperti minum Mylanta, promag biasa) tetapi ada beberapa golongan lain seperti H2 Antagonis/H2 Blokers dan Proton Pump Inhibitor serta  obat tambahan lainnya seperti Sucralfate, Rebamipide, Fucoidan. Biar tidak terlalu texbook langsung pada aplikasinya saja.

  1. Nyeri Lambung pake antasida = seperti mylanta, promag biasa ( isinya Al(OH)2, Mg(OH)2, Simetikon)
  2. Nyeri Esofagus (nyeri ulu hati disatu titik) bisa pake H2 Antagonis = seperti Ranitidine, Famotidine.
  3. Nyeri Usus halus (duodenum/intestine) pake Proton Pump Inhibitor = seperti Lanzoprazole, Omeprazole, Pantoprazole.

Ada beberapa hal dasar yang harus diketahui.

Pertama, 

mengapa obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPi) mengobati hanya di usus halus? karena obat golongan PPI  berbentuk coated (disalut) agar tidak pecah di asam lambung melainkan baru akan pecah obatnya diusus halus, jadi obat ini tidak boleh digerus.

Kedua,

kapan saya harus minum H2 anatagonis? Jika terjadi nyeri di ulu hati. Biasanya saat makanan berada dilambung, dapat terjadi reflux (keluarnya isi lambung keatas) sehingga isi lambung yang bersifat asam dapat melukai dinding esofagus, makanya sakitnya hanya disatu titik saja.

Ketiga,

kenapa kalo minum antasida (promag) harus dikunyah dulu sebelum ditelan? karena obatnya dirancang untuk mengembang dulu dimulut biar lebih cepat bekerja untuk menurunkan asam lambung. Kalo ga mau dikunyah, bisa coba dengan Mylanta cair yang suspensi.

Nah, sudah makin megerti kan sekarang. Biar tambah pinter kita belajar contoh kasus ya. Kita ambil dari pertanyaannya Johana.

Saya mengalami sakit maag sudah 3 bulan lebih, hampir tiap hari nyeri atau tdk enak di ulu hati, kalo nyeri dilambung tidak selalu. Bolak balik kedokter dikasih pantozol, vosedon, neciblok, mozuku kadang dikasi socid omeprazole, motilium.

Saya mau tanya,

  1. Obat apa yg cocok utk jenis maag saya?
  2. Pd saat nyeri sekali, obat apa yg bs lgsg meringankan?
  3. Apakah tdk apa2 obat2 tsp sy konsumsi jangka panjang (sudah 3bulan & masih terus sy lanjutkan
  4. Obat alami tepung tapioka, singkong rebus,lidah buaya,kunyit,kunir,jelly gamat,jus noni apakah bisa menyembuhkan/ memperparah?
  5. Terimakasih banyak atas kebaikan ibu, tq

Wah, pastinya sudah punya gambaran jenis apa sakitnya dan bisa ditebak pengobatan yang tepat. Untuk nama obatnya saya kasih tahu bahan aktif didalam obat tersebut. Pantozol (Pantoprazole) ,Vosedon (Domperidone), Neciblok (sucralfate), Mozuku(Fucoidan),  Socid (Omeprazole), Motilium (Domperidone). Ini dia jawabannya.

  1. Obat apa yg cocok utk jenis maag saya?

Menurut saya pengobatan yang tepat untuk nyeri ulu hati dengan menggunakan obat golongan H2 Antagonis.

  • Pd saat nyeri sekali, obat apa yg bs lgsg meringankan?

Sebaiknya kamu ke apotek untuk membeli Ranitidine atau Famotidine. Famotidine 20mg aja dech, diminum 2 X sehari terutama pada saat nyeri. Kalo sudah tidak nyeri obat boleh dihentikan pemakaiannnya.

  • Apakah tdk apa2 obat2 tsp sy konsumsi jangka panjang (sudah 3bulan & masih terus sy lanjutkan)
    Kalo sakitnya masih berlanjut mungkin pengobatannya yang salah atau cara minum/ aturan pakai sayang tidak benar. Karena jenisnya H2 anatagonis, sebaiknya obat diminum sebelum makan. Selain itu agar tidak memperparah harus mengubah pola hidup yang lebih sehat. Kurangi makan makanan yang pedas, asam, panas, berlemak, gorengan. Cukupi kebutuhan air dan serat tubuh.
  • Obat alami tepung tapioka, singkong rebus,lidah buaya,kunyit,kunir,jelly gamat,jus noni apakah bisa menyembuhkan/memperparah?

Sebaiknya tidak usah mengkonsumsi yang aneh-aneh. Obat yang dari dokter dihentikan saja pemakaiannya kecuali Sucralfate dan Domperidone. Sucralfate (Mereknya: Inpepsa, Propepsa, Neciblok) boleh diminum setiap hari sebelum makan karena gunanya melapisi dinding mucosa lambung sehingga mengurangi nyeri. Sementara Famotidine dan Domperidone bisa diminum saat kamu merasa nyeri karena domperidone bekerja mengurangi reflux esofagus. Domperidonenya diminum 3 Xa sehari sesudah makan.

Kesimpulan membeli obat yang tepat:

R/ Famotidine 20mg X = Diminum 2 X sehari setengah jam sebelum makan
R/ Domperidone 10mg X = Diminum 3 X sehari setengah jam sesudah makan
kedua obat diminum untuk mengurangi nyeri di ulu hati.

Untuk pencegahan agar baik pencernaannya boleh diminum setiap hari atau kondisi tidak nyaman.
R/ Sucralfate suspensi 500mg = Diminum 1 X sehari di pagi hari.

Terimakasih. Semoga Cepat sembuh ya. Apa kamu punya sakit maag yang gejala lain? Please share.

Selain contoh kasus diatas, saya juga ingin menginformasikan penyakit maag yang lain yaitu GERD. Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi dimana cairan isi lambung yang sangat asam naik keatas lambung menuju esophagus. Ciri-cirinya nyeri pada ulu hati, perut sebelah kiri bagian atas sakit, badan terasa mual muntah, sakit tembus kebelakang, penafasan menjadi sesak terkadang disertai nyeri pada jantung.

Pengobatan GERD ini harus dilakukan setidaknya 6-8 minggu bahkan terkadang samapai 12 minggu. Pasti kebayang kan kalo sakitnya ketika esofagus terkena cairan asam lambung.  Untuk itu jika kamu merasakan nyeri pada lambung jangan disepelekan. Segerlah berobat kedokter dan berobat sampai tuntas.

Pengobatan dengan terapi kombinasi  Proton Pump Inhibitor dan H2 Antagonis dapat meringankan nyeri pada penderita GERD. Selain itu dapat juga tetap disertakan dengan Mucosa protecta seperti Rebamipide atau Sucralfate.  Selama pengobatan berlangsung hindari makan makanan pedas, asam, terlalu panas, berlemak/ santan dan gorengan. Semoga cepat sembuh.

saya sudah sakit maag krg lbh 1 thun yg lwt, tp yg prh na sktr 5 bulan belakangan ini. sebelumya obat yang d kash dokter brupa, lansoprazole, inpepsa, ranitidin, renages. Terkadang sakitnya di perut sebelah kanan atas, kadang2 sebelah kiri, kadang2 semua perut saya sakit. sakitnya sampai ke belakang punggung. tp setelah berbt k dktr sekitar 1 bulan yg lwt udh ada angsurannya. yg mw saya tanyakan adalah :

  1. apakah penyakit saya memang maag ? karena saya sudah usg tp hasilnya baik2 semuanya
  2. apakah ada perbedaan obat paten sama generik, soalnya 2 mnggu pertma sya minum obat paten, karena mahall saya beralih k generik saja, mna yg bgus
  3. apa perbedaan sakit maag dengan tifus ?

Untuk kasus maag diatas memang salah satu contoh sakit maag yang umum ditemui. Dimulai dari pH asam lambung yang tinggi dan berlangsung cukup sering, untuk itu pengobatannya dengan mengurangi keluarnya produksi asam lambung sehingga  diperlukan obat H2 antagonis seperti cimetidine, ranitidine, famotidine. H2 Antagonis is used  for decreasing the production of acid by these cells.

Selain itu terjadinya reflux dapat membuat penderita merasakan sangat nyeri menjalar dari ulu hari ke  tulang belakang, bahkan terasa nyeri di jantung (seperti sakit jantung padahal tidak). Untuk itu dapat diberikan Proton pump inhibitor seperti Lansoprazole, Omeprazole, Pantoprazole. Selain itu untuk melindungi dinding lambung dari kerusakan dan rasa perih dapat diberikan mucosa protecta ( Sucarlfate, Rebamipide).

Jadi, apakah penyakitnya memang maag ? tentu saja. Pemeriksaan dengan USG bukan cara terbaik untuk mengobati maag tetapi dengan pemeriksaan ke dokter spesialis Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH). Pengobatan untuk penderita maag dengan mengurangi  produksi asam lambung yang berlebihan dan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Mengenai pengobatan yang diberikan oleh doker sudah benar dan tepat. Jika biaya adalah faktor yang sulit, tentu saja saya merekomendasikan penggunaan obat generik. Dari segi mutu dan khasiat sama saja, tidak ada perbedaan dengan obat branded atau obat paten. Kan tidak maka mereknya toh?

Memang beberapa gejala penyakit maag dan tifus menunjukkan kesamaan tetapi keduanya adalah penyakit yang sangat sangat berbeda dari segi pengobatan, terapi penyembuhan dan pemilihan obat.

Pengobatan maag menggunakan pengobatan tunggal atau kombinasi dari beberapa jenis obat seperti golongan antacid, H2 anatagonis, Proton pump inhibitor, mucosa protecta, prostaglandin E, selektif antibiotik dan anxiolytics. Tetap sehat ya dan jaga kesehatan lambungmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 20 =