Selamat datang di Website Resmi

Launching Car Free Day, Penggerakan Massa dan Pengukuhan Kader Germas

By : Kurnia Suci Putri,SKM.,MPH

Hari itu, Minggu 27 Oktober 2019 Bundaran Bank Indonesia Bengkulu dan sekitarnya dipenuhi massa sejumlah 32.000 orang. Tumpah ruah massa memenuhi sepanjang jalan dari Simpang Masjid Jamik hingga budaran BI. Launching Car Free Day, Penggerakan Massa dan Pengukuhan Kader Germas serta Gerakan Bawa Botol Minum (BBM) sendiri pun dicanangkan oleh Gubernur Bengkulu, yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan Ri yang diwakili Sesditjen. Kesehatan Masyarakat didampingi Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga serta Forkompinda Provinsi Bengkulu dan Wakil Walikota Bengkulu.

Panggung ukuran 12 x 6 meter berdiri di bundaran Bank Indonesia-Bengkulu dengan latar kuning bertuliskan, “Launching Car Free Day, Penggerakan Massa Germas dan Pengukuhan Kader Germas dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu ke-51 dan Hari Kesehatan Nasional ke-5”. Bagian atas panggung berbentuk segitiga bertuliskan Launching Car Free Day. Disisi kiri panggung berdiri tenda ukuran 6 x 24 meter sebagai tempat undangan VIP yang belakangnya juga terpampang backdrop yang sama dengan panggung ukuran 3 x 12 meter.  Sederet dengan tenda tersebut ada tenda lain untuk lomba poster dari Satgas Anti Narkoba Sekolah dan Gosok Gigi Massal. Sedangkan diseberang jalan atau disisi kanan panggung terpampang baliho 3 x 6 meter Gerakan bawa botol minum sendiri yang dilanjutkan dengan space pemeriksaan kesehatan.

 

Ditengah jalan, tepatnya didepan panggung berdiri 2000 massa  dengan mengenakan seragam kaos berwarna biru bertuliskan gerakan masyarakat hidup sehat. Massa tersebut adalah Kader Germas Provinsi Bengkulu yang berasal dari 10 kabupaten/kota plus mahasiswa/mahasiswi Poltekes Kemenkes Bengkulu,  20 puskesmas yang ada di Kota Bengkulu, Mahasiswa/ mahasiswi Trimandiri Sakti Bengkulu, Komunitas Sepeda Ontel Bengkulu, Kesatuan Warga Bandaraya (Keswara) serta seluruh ASN yang ada di Provinsi Bengkulu.

 

Hari bebas kendaraan bermotor atau dalam bahasa keren di kalangan milenial di sebut dengan Car Free Day  yang dalam Bahasa Indonesianya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB)ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, supaya tercipta lingkungan sehat, udara segar bebas dari pencemaran emisi gas buang dan tersedianya ruang terbuka hijau serta sebagai media efektif untuk berolahraga, bermain dan bersilahturahmi.

Hal ini merupakan bagian dari upaya mempraktekkan hidup sehat melalui Germas, yaitu aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan sayur dan buah setiap hari, cek kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali, tidak merokok, tidak minum alkohol, menjaga lingkungan sehat dan menggunakan jamban sehat. Itulah sebabnya Launching Car Free Day, Penggerakan Massa dan Pengukuhan Kader Germas serta Gerakan Bawa Botol Minum (BBM) sendiri menjadi hal penting bagi sektor kesehatan untuk dilaksanakan di Provinsi Bengkulu ini sehingga kami menggagas kegiatan ini demikian penjelasan Kepala Dinas Kesehatan dalam laporannya kepada Gubernur Bengkulu.

Pelaksanaan Car Free Day tahap awal dua kali dalam satu bulan yaitu minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulannya pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB di area Jl. Jenderal Sudirman (Simpang Masjid Jamik sampai dengan Butinara/Depan Unihaz Bengkulu). Perlu kita ketahui bersama bahwa hari bebas kendaraan bermotor di Indonesia telah dimulai sejak tahun 2000, namun baru kali ini kita bisa memulainya. Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berusaha memprakarsainya, implementasi selanjutnya dikomandoi oleh Perhubungan, Lingkungan hidup dan dukungan lintas sektor lainnya. Dampak lainnya pada area ini masyarakat dapat mengajak anak-anak mereka  bermain, berolahraga/beraktivitas fisik di pagi hari kemudian menikmati kuliner yang di jajakan di sepanjang area serta melakukan pemeriksaan kesehatan mencegah dan mendeteksi penyakit tidak menular.

Selanjutnya mewakili Menteri Kesehatan RI Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemeterian Kesehatan RI (drg. Kartini Rustandi, M.Kes), mengajak seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu agar mewujudkan perilaku hidup sehat, karena denganberperilaku sehat dapat membentuk Bangsa Indonesia yang kuat. Terkait Germas Provinsi Bengkulu merupakan provinsi yang inovatif, aktif dan kreatif bahkan dapat dijadikan model untuk provinsi lainnya. Tak lupa juga kami sampaikan apresiasi kepada Gubernur Bengkulu dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan segenap komponen bangsa, sehingga di massa yang akan datang pembanguna kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Deklarasi Germas dibacakan oleh 10 orang perwakilan kader dari 10 kabupaten/kota. Kami Kader Germas se-Provinsi Bengkulu siap mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yaitu:  1) Menjadi penggerak masyarakat dalam melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat;      2) Menjadi pelopor dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat; 3) Menjadi motovator dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Bengkulu, 27 Oktober 2019.

Salam Germas.

 

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Sesditjen. Kesehatan Masyarakat dr. Eni Gustina, MPH dan Direktur Kesehatan Kerja dan Olaraga Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, karena telah bersedia hadir dan berkenan memperhatikan berbagai event dan kegiatan Germas yang kami laksanakan. Selanjutnya apresiasi kepada Kementerian Kesehatan karena atas dukungannyalah Provinsi Bengkulu dapat berinovasi dan berbuat terkait kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Pemerintah Provinsi Bengkulu dan jajarannya akan terus berinovasi guna memasyarakatkan Germas.

Dengan mengucapkan, “Bismillah Hirrohmanirohim Launching Car Free Day, Gerakan Bawa Botol Minum (BBM) Sendiri, Penggerakkan Massa Germas dan Pengukuhan Kader Germas Provinsi Bengkulu dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu ke- 51 dan hari Kesehatan Nasional ke- 55 saya buka secara resmi”. Kemudian Gubernur Bengkulu beserta istri didampingi Sesditjen Kesehatan Masyarakat Kemkes RI, Direktur Kesjaor Kemmes RI, Wakil Gubernur, Forkompimda, Wakil Wali Kota dan Kepala dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berada di atas panggung dan memukul dol bersama tanda launching dibuka.

Berbagai rangkaian  kegiatan mengiringi kegiatan ini , berikut ini rundown acara nya:

06.30-07.00 WIB                 Senam Germas Massal

07.00-07.05 WIB                  Pembukaan

07.05-07.10 WIB                Doa

07.10-07.20 WIB                Laporan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu

07.20-07.35 WIB                Sambutan Menteri Kesehatan RI

07.35-07.45 WIB                Deklarasi Kader Germas Provinsi Bengkulu          

07.45-08.05 WIB               Pembagian Hadiah Lomba Senam Germas Bengkulu (piala Gubernur Bengkulu) dan Paket Germas  secara simbolis.              

08.05-08.15 WIB               Sambutan Gubernur Bengkulu sekaligus Launching Car Free Day, Launching Program Bawa Botol Minum (BBM) Sendiri sekaligus Pengukuhan Kader Germas Provinsi Bengkulu

08.15-08.20 WIB                Penutup

08.20-10.00 WIB                Peninjauan Kegiatan Car Free Day :

  1. Konsultasi Gratis   Dokter Spesialis
  2. Pemeriksaan Kesehatan
  3. Aktivitas Fisik
  4. Donor darah
  5. Sikat Gigi Masal 500 orang anak Sekolah Dasar
  6. Lomba  Poster Anti Rokok dan Anti Narkoba Satgas Anti Narkoba Sekolah (SANS)
  7. Stand OPD Provinsi, Kabupaten/Kota
  8. Stand kuliner dan promosi produk unggulan

Luar biasa semarak dan meriah kegiatan ini  karena antusiasme masyarakat sekitar maupun kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, dapat dilihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang memenuhi sepanjang jalan 1 kilometer. Kehadiran masyarakat ini  terdokumentasi  melalui drone dari rekan rekan media, lautan manusia dari Simpang Masjid Jamik sampai ke bundaran Bank Indonesia. Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu telah sukses dalam menggerakan masyarakat Provinsi Bengkulu untuk melakukan kegiatan aktivitas fisik berupa Senam GERMAS yang telah di sosialisasikan ke 10 Kabupaten/Kota melalui lomba senam GERMAS yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari tingkat SD,SMP,dan SMA/UMUM. Juara umum lomba Senam GERMAS se-Provinsi Bengkulu dan mendapatkan piala bergilir jatuh pada kelompok POLRES Kota Bengkulu.

Pukul 10.30 WIB Kegiatan ini  berakhir dan ditutup dengan hati gembira dan ucapan syukur yang di disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni,SKM., M.Kes., M.Si,  karena acara ini dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan. Semua ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama lintas sektor terkait dan dukukan semua elemen termasuk ASN yang ada di Provinsi Bengkulu yang tidak kenal lelah dan waktu untuk mensyuksekan kegiatan Launching Car Free Day, Bawa Botol Minum (BBM) Sendiri, Penggerakkan Massa Germas dan  dan Pengukuhan Kader Germas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + eighteen =