Selamat datang di Website Resmi

GERAKAN BBM DI KABUPATEN REJANG LEBONG

Oleh : Sridiany, S.Kep
(Jabfung Penyuluh Kesehatan Masyarakat Madya Dinkes Rejang Lebong)

Hari Selasa, 05 Maret 2019 bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, dimulai pelaksanaan gerakan bawa botol minum (BBM) sendiri. Pejabat struktural mulai dari kepala dinas, sekretaris, kepala bidang dan semua karyawan/karyawati di dinas ini membawa botol minum sendiri.

Hal ini dilakukan menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia No.97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dan Surat Edaran Gubernur Bengkulu No.440/139/Dinkes / 2019 tentang Gerakan Bawa Botol Minum (BBM) ke tempat kerja dan sekolah. Gerakan ini merupakan upaya mengurangi kerusakan lingkungan, air dan udara yang disebabkan sampah plastik botol minuman kemasan sekali pakai yang menurunkan fungsi dan daya dukung lingkungan karena sampah plastik sangat sulit terurai. Selain itu bekas botol plastik tersebut bila berserakan dapat menjadi media berkembang biaknya jentik nyamuk Aedes Aegipty vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun nyamuk anopeles vektor penular malaria.
Dinas Kesehatan kabupaten Rejang Lebong berkomitmen mensosialisasikan dengan cara memberikan teladan bagi instansi lainnya yang akan diterapkan/diimplementasikan saat pertemuan/rapat maupun kegiatan di luar gedung lainnya. Tempat kerja dan sekolah menjadi target sasaran utama yang harapannya akan dicontoh dan diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Rejang Lebong.
Berikut ini adalah implementasi gerakan BBM yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong :
1. Tiap Pertemuan atau Rapat peserta sudah membawa botol minum sendiri dari rumah, dimana di dalam surat untuk rapat /pertemuan peserta dibuat kalimat dari panitia pelaksana agar membawa botol minum dari rumah, jadi panitia penyelenggara tinggal menyiapkan air untuk peserta.
2. Disekolah sekolah anak anak sudah otomatis harus membawa botol minum sendiri dari rumah
3. Dikantor kantor ASN sudah mulai membiasakan membawa botol mminum sendiri dari rumah, sehingga dengan gerakan BBM ini dampaknya dapat mengurangi limbah plastik yang sangat tidak ramah dengan lingkungan.
Salam Germas , Sehat dimulai dari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − fourteen =