DINAS KESEHATAN PROVINSI BENGKULU

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Selenggarakan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Pengelola Sistem Informasi Kesehatan Guna Mempertajam dan Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pengelola SIK

Sistem Informasi Kesehatan yang ada di Provinsi Bengkulu diantaranya adalah berupa media cetak (buku) dan media elektronik yang dikembangkan dengan mempertimbangkan kondisi-kondisi yang secara umum banyak dijumpai di Kabupaten maupun Kota. Pertemuan ini mempunyai tujuan antara lain :

  • Terbangunnya suatu sistem informasi kesehatan dengan menggunakan prinsip Efisiensi dan Efektifitas semaksimal mungkin dari segi perangkat keras maupun dari segi sumber daya manusia yang akan menggunakan perangkat lunak tersebut.
  • Membantu dalam pengelolaan data dan informasi dan sebagai bentuk berbagai pelaporan yang diperlukan.
  • Terbangunnya suatu sistem database untuk tingkat Kabupaten/Kota, dengan memanfaatkan data-data dari puskesmas.
  • Terjaganya data informasi dari puskesmas dan Dinas Kesehatan sehingga dapat dilakukan analisa dan evaluasi untuk berbagai macam keperluan.
  • Terwujudnya unit informatika di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang mendukung terselenggaranya proses administrasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan mendukung pengeluaran kebijakan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Berbagai kendala dalam dalam Sistem informasi Kesehatan yang dialami di berbagai daerah, menjadi masukkan untuk menentukan pengembangan yang secara umum sering dijumpai di Kabupaten/Kota antara lain :

  • Kendala di bidang Infrastruktur 

Akses internet yang sangat minim dan terbatas untuk Pengelola data SIK sehingga untuk operasional aplikasi yang menggunakan media elektronik khususnya system informasi berbasis website cukup menjadi kendala. Disamping itu kualitas jaringan internet yang buruk sangat menghambat proses kegiatan ini karena proses pengelolaan pun ikut terhambat. Selain itu kendala dari sisi sumber daya listrik juga sering menjadi masalah. Di Kabupaten/Kota tertentu sering terjadi pemadaman listrik sehingga pengoperasian komputer menjadi terganggu.

  • Kendala di bidang Manajemen

Kurangnya staf pengelola data dan informasi atau petugas SIK atau bahkan unit kerja yang khusus menangani bidang data/ komputerisasi. Hal ini sering dijumpai pada dinas kesehatan di kabupaten/kota. Pada kondisi seperti ini nantinya akan menjadi masalah untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas data-data yang akan ada, baik dari segi pengolahan dan pemeliharaan data, maupun dari segi koordinasi antar bagian.

  • Kendala di bidang Sumber Daya Manusia

Kendala di bidang SDM ini yang paling sering ditemui pada pengelola Sistem Informasi Kesehatan. Banyak staf pengelola data yang belum memahami tata cara dalam pengelolaan Sistem Informasi. Biasanya kemampuan operasional komputer didapat secara belajar mandiri, sehingga tidak maksimal. Belum lagi dengan tupoksi yang tidak sesuai atau memiliki tupoksi ganda sehingga kadang-kadang cukup menjadi kendala dalam pengelolaan sistem informasi kesehatan tersebut.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah :

  • Meningkatkan pengetahuan dan skill Pengelola Data dan Informasi Kesehatan, sehingga memperkuat Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Provinsi Bengkulu.
  • Menghasilkan data dan Informasi up to date tentang pelaksanaan program kesehatan di Kabupaten/Kota sehingga dapat digunakan sebagai data awal dalam pengambilan kebijaksanaan bagi pimpinan
  • Membantu kelancaran administrasi dan Manajemen Dinas Kesehatan dalam penyusunan laporan mengenai kondisi kesehatan di Daerah masing–masing.
  • Memudahkan dalam hal perencanaan dan evaluasi termasuk pelaporan yang merupakan indikator tingkat keberhasilan program kesehatan.
  • Memudahkan komunikasi data dan informasi dalam koordinasi antara pengelola data dan informasi dan Kabupaten/Kota dengan Pengelola data dan informasi Provinsi Bengkulu, termasuk antar pengelola program kesehatan.
  • Memperjelas komponen unit data yang di perlukan sesuai dengan format data yang ada pada aplikasi berbasis elektronik, sehingga pengelola program dalam mengelola data lebih terfokus pada komponen unit data yang di perlukan.
  • Mampu mengembangkan sistem informasi kesehatan melalui media elektronik dan mempublikasikan informasi tersebut melalui media informasi public seperti website, DIC, Pusat data elektronik dan lain sebagainya.

Sedangkan sasarannya adalah :

  • Terciptanya koordinasi yang harmonis diantara pengelola data dan informasi kesehatan Kabupaten/Kota dengan Provinsi.
  • Tersedianya informasi tentang kebijakan pengelolaan dan teknis operasional aplikasi.
  • Adanya koordinasi Pengelola Program Kesehatan Provinsi dengan Kabupaten/Kota terkait pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan.

Peleksanaan

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 28 September 2019 mengambil tempat di Hotel Splash Bengkulu. Metode dal pelaksanaan pertemuan ini diantaranya :

  • Pertemuan Pengelola Program Dinkes Provinsi terkait Data Kesehatan dengan pengelola data Kabupaten/Kota bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menyepakati format data yang digunakan agar sinkron dengan format data yang ada di aplikasi system informasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang Pengelola Data atau Pengelola Sistem Informasi Kesehatan dan pengelola data Puskesmas Kabupaten/Kota dan penanggungjawab program Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang kemudian dilakukan diskusi dan persamaan persepsi format data masing-masing program sesuai dengan format data pada aplikasi.
  • Mengoperasikan aplikasi data (khususnya e-kes) sebagai latihan langsung untuk melihat kendala apa saja yang ditemukan dalam proses entry data kedalam aplikasi data berbasis website (e-kes, dan lain-lain), kemudian membahas dan mencari solusi pemecahan masalah sebagai jalan keluar dari permasalahan yang ada sehingga data yang dimaksudkan tetap dapat di entry.
  • Mensosialisasikan bentuk-bentuk publikasi informasi menggunakan media elektronik seperti website, DIC, pusat data elektronik dan lain-lain yang sekaligus juga mengenalkan peranan IT dalam menunjang system informasi kesehatan tersebut.
  • Diskusi dan Tanya jawab terhadap peserta pertemuan guna mengukur sejauhmana pemahaman peserta dalam pengelolaan system informasi kesehatan, serta mengidentifikasi hal-hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pengelolaan system informasi kesehatan tersebut di kabupaten/kota masing-masing.
  • Memberikan pemahaman yang akurat mengenai kebijakan satu data kesehatan, dan pentingnya hal tersebut dalam pengelolaan system informasi kesehatan agar sebuah informasi menjadi berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Narasumber

Dalam pertemuan peningkatan kapasitas pengelola SIK Tahun 2019 ini, mengundang Narasumber, baik dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI dan juga narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Adapun Narasumber dari Pusat adalah Aang Abu Azhar, S.Kom. M.Kes yang menyampaikan materi; Aplikasi SPM Bidang Kesehatan tahun 2019, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si dari Dinkes Provinsi Bengkulu yang menyampaikan materi; Kebijakan Pengelolaan Data dan Informasi Untuk mewujudkan satu Data Kesehatan, Azhar, SH, M.Kes menyampaikan materi; Kebijakan Satu Data dan Informasi Kesehatan, Faisal Supriadi, SKM, MPH memyampaikan materi; Faisal Supriadi, SKM, MPH, Syamsir, AMK, S.Sos mensosialisasi peranan IT dalam SIK dengan meteri yang berjudul; Pengelolaan Jaringan Local Area Network (LAN) dan tehnis Pengelolaan Website, dan yang terakhir adalah Narasumber dari internal yang juga sebagai pengelola aplikasi e-kes yaitu Bapak Candra, S.Sos yang menyampaikan materi berjudul Reviu E-Kes Tahun 2019.

Peserta

Peserta pertemuan Peningkatan Kapasitas Pengelola Sistem Informasi Kesehatan ini adalah Penanggungjawab / Petugas/ tenaga pengelola data dan informasi Kesehatan / SIK Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota, Pengelola Data Puskesmas dan Penanggungjawab masing-masing Program Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Adapun  peserta pertemuan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Peserta Provinsi dan Kota

Peserta dari Provinsi dan Kota sebanyak 18 Orang yaitu :

No. Nama NIP Tempat Tugas
       
1 Novian Kusmadi, SKM 19771101 199702 1 001 Staf Subag Program dan Informasi Dinkes Kota Bengkulu
2 Rinta Tri Yunisa, SKM 19880614 201101 2 002 Staf PKM. Jalan Gedang Kota Bengkulu
3 Sri Puspa Dewi, SKM 19870111 2011 01 2 004 Staf Seksi Surveilans & Imunisasi
4 Afifa Tri Mulyani, SKM 19740119 199703 2 001 Staf Seksi P2PM
5 Sutari, SKM 19790805 200804 2 001 Staf Seksi P2PTM
6 Fauziah Nur Amini, S.Si., Apt 19810720 200904 2 001 Staf Seksi Kefarmasian, Alkes & PKRT
7 Nanser, SKM 19710203 200003 1 003 Staf Seksi SDMK & Akreditasi
8 Yuvita Febrianti, S.Kep 19900216 201301 2 001 Staf Seksi Pelayanan Kesehatan
9 Ferra Erna Juwita, SST 19810504 200502 2 004 Staf Kesga & Gizi Masyarakat
10 Netrianis, ST 19760611 199703 2 002 Staf Seksi Kesling & Kesjaor
11 Sukmawati, SKM 19670819 198703 2 002 Staf Seksi Promkes & PM
12 Dian Darmasari, SKM, M.Si 19881101 201001 2 003 Staf Subbag UKP
13 Mukalim, SKM 19680528 199203 1 005 Staf Subbag UKP
14 Tini Kartini, SKM 19720620  199210 010 Pengelola data Dinkes Prov. Bengkulu
15 Ns. Andri Afrizal, S.Kep 19760420 199702 1 001 Staf Subbag PEP
16 Suhartono, S. Sos 19631226 198803 1 002 Staf Subbag PEP
17 Yulia Afriza, SKM 19880115 201001 2 003 Staf Subbag PEP
18 Herleniyanti, Amd. Keb 19840609 201001 2 013 Pengelola E-Kes Dinkes Prov. Bengkulu
  • Peserta   Kabupaten

Peserta dari Kabupaten sebanyak 18 Orang yang terdiri dari pengelola SIK dan Pengelola data di Puskesmas terpilih Kabupaten yaitu sebagai berikut :

No. Nama NIP Tempat Tugas
       
1 Novian Kusmadi, SKM 19771101 199702 1 001 Staf Subag Program dan Informasi Dinkes Kota Bengkulu
2 Rinta Tri Yunisa, SKM 19880614 201101 2 002 Staf PKM. Jalan Gedang Kota Bengkulu
3 Sri Puspa Dewi, SKM 19870111 2011 01 2 004 Staf Seksi Surveilans & Imunisasi
4 Afifa Tri Mulyani, SKM 19740119 199703 2 001 Staf Seksi P2PM
5 Sutari, SKM 19790805 200804 2 001 Staf Seksi P2PTM
6 Fauziah Nur Amini, S.Si., Apt 19810720 200904 2 001 Staf Seksi Kefarmasian, Alkes & PKRT
7 Nanser, SKM 19710203 200003 1 003 Staf Seksi SDMK & Akreditasi
8 Yuvita Febrianti, S.Kep 19900216 201301 2 001 Staf Seksi Pelayanan Kesehatan
9 Ferra Erna Juwita, SST 19810504 200502 2 004 Staf Kesga & Gizi Masyarakat
10 Netrianis, ST 19760611 199703 2 002 Staf Seksi Kesling & Kesjaor
11 Sukmawati, SKM 19670819 198703 2 002 Staf Seksi Promkes & PM
12 Dian Darmasari, SKM, M.Si 19881101 201001 2 003 Staf Subbag UKP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *