Dinas Kesehatan Melaksanakan Kegiatan Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun  2018

Pelaksanaan Penilaian Tenaga Kesehatan Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2018 dilaksanakan secara objektif dan transparan atas Prestasi dalam mendorong .menggerakan  dan menunjang program inovasi Pembangunan Kesehatan. Kegiatan ini secara spesifik bertujuan agar :

  • Terpilihnya tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat provinsi yang memenuhi persyaratan administrasi dan bobot penilaian.
  • Meningkatnya mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan strata pertama di Puskesmas.
  • Meningkatnya profesionalisme tenaga kesehatan di dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah
  • Meningkatnya motivasi tenaga kesehatan untuk bekerja di Puskesmas.
  • Tumbuhnya kompetisi yang sehat di antara tenaga kesehatan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan strata pertama di Puskesmas.

Agar memperoleh output kegiatan yang bermutu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu khususnya Seksi SDMK dan Akreditasi Bidang Pelayanan dan SDMK  telah melakukan beberapa persiapan sebelum pelaksanaan kegiatan, baik itu persiapan teknis maupun persiapan administratif.  Sebelum melaksanakan pertemuan ini Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu khususnya Seksi SDMK dan Akreditasi Bidang Pelayanan dan SDMK melakukan persiapan dengan mengadakan rapat bersama antara penanggung jawab program, Tim Juri Penilaian Tenaga Kesehatan dan program bidang yang terkait lainnya. Dari rapat tersebut ditentukan Tim Juri Penilaiaian kegiatan, panitia pelaksana, tanggal dan tempat pelaksanaan.

Adapun Susunan Tim Penilai sebagai berikut :

  • Penasehat/pelindung : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu
  • Pembina : Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu
  • Ketua : Ka. Bid Pelayanan Kesehatan dan SDK Dinkes Provinsi Bengkulu
  • Sekretaris : Ka. Seksi SDMK Dan Akreditasi Dinkes Propinsi Bengkulu

Anggota :

  • Pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu
  • Staf Dinas Kesehatan yang membidangi ke 5 kategori

Tugas dan Fungsi Tim Penilai:

  1. Melakukan kelengkapan Administrasi terhadap , penelitian dan penilaian terhadap calon yang disampaikan oleh Kabupaten/Kota.
  2. Melakukan Penilaian terhadap Pemeparan terhadap Visi-Misi Program Unggulan (Inovasi)
  3. Tim Penilai Bertanggung Jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu
  4. Melakukan Penilaian Terhadap Implementasi Program Unggulan (Inovasi) ke Puskesmas dan lokasi Program

 

Sasaran Kegiatan Penilaian / Pemilihan Tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Bengkulu adalah Tenaga Kesehatan di Puskesmas  yang terpilih sebagai tenaga kesehatan teladan tingkat Kabupaten/Kota meliputi:

  1. Tenaga Dokter
  2. Tenaga Dokter Gigi
  3. Tenaga Keperawatan
  4. Tenaga Bidan.
  5. Tenaga Gizi

Peserta Kegiatan Penilaian / Pemilihan Tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Bengkulu adalah pemenang lomba Penilaian Tenaga Kesehatan Tingkat Kabupaten/Kota. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahapan:

Tahap I dilaksanakan pada jum’at 2 Juni 2018 di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Penilaian Kriteria Umum dan Kinerja Peserta Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Kabupaten/Kota Tahun  2018  melalui Pemaparan Karya Ilmiah,  Visi Misi Program Unggulan dan Kinerja yang dicapai.

Tahap II dilaksanakan pada Minggu ke Dua (2) Bulan Juni Tahun 2018 yang bertempat di Puskesmas Kabupaten / Kota. Peserta Terpilih pada tahap pertama (1) akan dilakukan penilaian Lapangan  kunjungan ke Puskesmas dan Desa  mengsinkronkan antara Pemaparan Karya Ilmiah,  Program Unggulan Inovasi  dan Kinerja yang dicapai Serta Visi Misi Peserta Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Kabupaten Kota Tahun  2018, dengan fakta yang sebenarnya.

Adapun Persyaratan untuk menjadi calon Tenaga Kesehatan Puskesmas Teladan ini adalah :

    • Bekerja di Puskesmas atau Puskesmas Pembantu sekurang-kurangnya selama 3 (tiga) tahun secara terus menerus.
    • Belum pernah terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas.

  • Peserta diwajibkan untuk membawa “ Karya Tulis Ilmiah” dalam bentuk Makalah Ilmiah tentang Laporan Kegiatan Unggulan yang dilaksanakan di Puskesmas atau Pretasi yang dapat diteladani di lingkungan kerjanya (Tekhnik Penulisan Makalah Ilmiah Terlampir)
  • Membawa Dokumen kelengkapan sebagai Pemenang Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Kota

 

  • Calon Tenaga Kesehatan Puskesmas Teladan diberlakukan bagi semua tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kesehatan masyarakat dan tenaga gizi yang bekerja di Puskesmas serta memiliki prestasi yang dapat diteladani di lingkungan kerjanya.

 

Kegiatan Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan ini berjalan sesuai dengan rencana dan jadwal yang sudah ditentukan, namun sangat disayangkan ada kabupaten yang tidak siap sehingga tidak mengirimkan peserta, disaat penilaian di Lapangan juga ditemukan beberapa Puskesmas yang hanya ditunjuk mewakili sehingga tidak siap dan tidak sesuai dengan apa yang dipresentasikan. Disarankan agar tahun berikutnya kiranya semua Kabupaten dapat membimbing para calon teladan Tingkat Kabupaten dan mengirimkan wakilnya serta mempersiapkan diri menjadi teladan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *