Selamat datang di Website Resmi

Bidang Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu laksanakan Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Imunisasi Campak Rubella Di Provinsi Bengkulu

memberikan perlindungan kepada anak dengan pemberian imunisasi maka cakupan imunisasi harus dipertahankan tinggi dan merata. Cakupan program yang tinggi ini harus diiringi dengan pelayanan yang berkualitas, pelayanan imunisasi yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang meliputi kapasitas petugas yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang program imunisasi, sarana dan prasarana yang memadai sesuai standar, pengelolaan logistic imunisasi, safe injection, pencatatan dan pelaporan  yang valid dan penanganan KIPI yang tepat.

Target Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) tahun 2019 adalah sebesar 93 %. Diharapkan pada akhir tahun target tersebut akan tercapai. Untuk mencapai target tersebut, dalam penyelenggaraan program Imunisasi diperlukan dukungan para pengambil kebijakan dan peran serta masyarakat.  Perlunya advokasi dan koordinasi, pembinaan kader, pembinaan kepada kelompok binaan balita dan anak sekolah, dan/atau pembinaan organisasi atau lembaga swadaya masyarakat terkait memahami tentang kegiatan program imunisasi khususnya tentang pentingnya kegiatan Imunisasi MR. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan mutu imunisasi pada pelaksanaan imunisasi rutin, lanjutan dan BIAS.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya pertemuan ini adalah memberikan informasi, Advokasi, Koordinasi serta edukasi kepada para pengambil kebijakan pada lintas sektor dan lintas program yang terkait tentang program imunisasi, khususnya tentang pentingnya imunisasi MR untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella / CRS tahun 2020.

Kegiatan pertemuan ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 27 September 2019 yang lalu yang mengambil tempat di Hotel Nala Sea Side Jln. Pariwisata No. 13, Kota Bengkulu dengan jumlah peserta sebanyak 74 orang yang terdiri dari peserta yang berasal dari Provinsi sebanyak 14 orang dan peserta yang berasal dari Kabupaten dan Kota sebanyak 60 orang. Adapun Alokasi peserta dapat dilihat dalam daftar dibawah ini :

Peserta Provinsi :

No Instansi Jumlah
1 Kepala Bidang yang membawahi Kesehatan di Biro Kesra Pemerintahan Provinsi Bengkulu 1 orang
2 Kepala Bidang Dikdas (membawahi siswa/i SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Provinsi Bengkulu 1 orang
3 Kepala Bidang yang membawahi siswa/i Sekolah Dasar di Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu 1 orang
4 Ketua IDAI Provinsi Bengkulu 1 orang
5 Ketua PKK Provinsi Bengkulu 1 orang
6 Ketua yayasan Aisyiyah Provinsi Bengkulu 1 orang
7 Kepala Seksi Promkes  Dinas Kesehatan  Provinsi Bengkulu 1 orang
8 Kepala Seksi Farmasi  Dinas Kesehatan  Provinsi Bengkulu 1 orang
9 Kepala Seksi KIA Dinas Kesehatan  Provinsi Bengkulu 1 orang
10 Staf Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu 5 orang
  JUMLAH 14 orang

Peserta keseluruhan Kabupaten/Kota :

 

Kepala Bidang yang membawahi Kesehatan Biro Kesra Pemda Kab/Kota : 1 orang

  • Kepala Bidang Dikdas (yang membawahi siswa/i SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Kab/Kota          1 orang
  • Kepala Bidang yang membawahi siswa/i Madrasah Ibtida’yah Kemenag Kab/Kota : 1 orang
  • Ketua PKK Kabupaten/Kota : 1 orang
  • Kepala Bidang/Kasi yang membawahi Program Imunisasi Dinkes Kab/Kota 1 orang
  • Pengelola Program Imunisasi Dinkes Kab/Kota : 1 orang

Dalam pertemuan ini juga di dukung oleh Narasumber dari Kementrian Kesehatan RI Jakarta, ITAGI / Komite Ahli Imunisasi, Komda KIPI provinsi Bengkulu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang sudah berkompeten yang terdiri dari Kepala Bidang P2P dan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi dan Pengelola Program imunisasi yang sudah mengikuti TOT Program Imunisasi dengan materi-materi sebagai berikut :

  • Strategi dan Kebijakan Nasional Program Kesehatan di Provinsi Bengkulu
  • Komitmen dan Dukungan kementerian/Lembaga untuk Imunisasi MR menuju Eliminasi
  • Urgensi Imunisasi MR dalam mencegah Komplikasi Campak dan CSR.
  • Evaluasi Imunisasi Rutin dan MR di Provinsi Bengkulu
  • Manajemen Mutu Tatalaksana Program Imunisasi Provinsi Bengkulu Tahun 2019
  • PD3I dan Upaya Tindak Lanjut.

Setelah Pelaksanaan Pertemuan Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Imunisasi MR di Provinsi Bengkulu Tahun 2019, di harapkan nantinya dapat mendongkrak capaian imunisasi secara lengkap dan merata minimal 95%. Disamping itu nantinya para petugas yang berasal dari Lintas Program yang keseluruhan berjumlah 74 orang setelah menerima keseluruhan materi pertemuan dapat meningkatkan cakupan imunisasi rutin lengkap dan juga mempunyai kreatifitas dan inovasi untuk menjaring dan mengarahkan masyarakat yang memiliki anak balita untuk mendatangi fasilitas kesehatan terutama posyandu untuk mendapat pelayanan imunisasi dan pelayanan kesehatan lainnya. Seluruh Siswa/i Sekolah Dasar Sederajat dapat diberikan imunisasi MR secara keseluruhan dengan intruksi, arahan dari Peserta Lintas Sektor yang sudah mendapat penjelasan di pertemuan ini. Ibu-ibu PKK tingkat kecamatan sampai ke ibu kader bisa menggerakkan masyarakat untuk mendapat imunisasi rutin lengkap. Terjalin koordinasi dan komitmen bersama untuk melakukan upaya tindak lanjut jika ditemukan kendala dan masalah. Dengan demikian diharapkan kedepannya sudah terjadi kekebalan individu dan kekebalan kelompok. Menyebarluaskan informasi pentingnya imunisasi anak usia 0 – 24 bulan untuk mencegah terjadinya PD3I.

Setelah pertemuan peningkatan mutu pelayanan imunisasi ini dilaksanakan dan cakupan imunisasi rutin lengkap lebih dari 93%, diharapkan nantinya kekebalan individu dan kekebalan kelompok sudah terbentuk sehingga tidak ada lagi anak bayi – balita menderita atau terpapar penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi diantaranya Hepatitis, Polio, Tetanus, Peneumoni, Diftteri, TBC, Campak dan Rubella.  Itu artinya dengan imunisasi adalah cost yang efesien dan efective dalam hal waktu, anggaran dan tenaga dari ancaman penyakit PD3I bagi masyarakat Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 3 =