LATAR BELAKANG

Dalam era otonomi daerah, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi maupun Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota memiliki peran besar dalam pelaksanaan program-program PPSDM kesehatan di wilayah mereka. Akan tetapi, hingga saat ini belum diperoleh gambaran yang akurat mengenai kondisi pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan yang ada di wilayah mereka. Untuk itu diperlukan upaya khusus dalam memperoleh data terkini mengenai SDM kesehatan yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten. Dengan upaya tersebut, diharapkan penyediaan data dan informasi PPSDM kesehatan dapat dilakukan dan dilaporkan dengan lebih valid, reliable dan tepat waktu.

Saat ini Badan PPSDM kesehatan telah mengembangkan SIK PPSDMK, sistem informasi ini diharapkan dapat menjembatani kebutuhan data mengenai pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan, mulai dari tingkat pusat, provinsi dan juga kabupaten/kota. Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan juga telah menyusun Pedoman Penyusunan Profil PPSDM Kesehatan untuk tingkat provinsi, termasuk untuk UPT. Kedua sarana yang telah ada ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan menjadikannya sebagai acuan dan alat dalam pengelolaan data PPSDM di wilayahnya masing-masing, sehingga diperoleh data PPSDM Kesehatan yang valid, reliable dan yang ter-update secara teratur.

Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam pengumpulan dan pemutakhiran data PPSDM Kesehatan yang ada saat ini serta dalam menjembatani kebutuhan akan analisis terhadap data yang terkumpul untuk diolah menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai dasar dalam proses perencanaan maupun pengambilan keputusan bagi pimpinan. Upaya tersebut berupa kegiatan “Penyusunan, pengumpulan, pengolahan, pemutakhiran serta analisis data PPSDM Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi di Seluruh Indonesia”. Setelah data telah dimutakhirkan (di update) dan dikumpulkan, diperlukan tahapan lebih lanjut sehingga data yang dikumpulkan dapat diolah dan dianalisis. Hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan disajikan dalam bentuk Dokumen Data dan Informasi PPSDM Provinsi, yang merupakan kompilasi dari data pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan dari setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut perlu dilakukan Pertemuan Pemutakhiran Data Dokumen Deskripsi Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) bagi penanggungjawab Data Dokumen Deskripsi PPSDM Kesehatan Provinsi Bengkulu.

TUJUAN

a. Tujuan Umum

Terwujudnya suatu sistem informasi yang mampu menghasilkan informasi berkualitas, akurat dan tepat waktu untuk menunjang pengambilan keputusan di bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan.

b. Tujuan Khusus

  • Mengumpulkan Data SDMK Dinas Kesehatan Kab/Kota, Puskesmas, RSUD, Rumah Sakit Swasta, Klinik dan UPTD Kesehatan
  • Mengumpulkan Bio Data seluruh SDMK di Dinas Kesehatan Kab/Kota, Puskesmas, RSUD, Rumah Sakit Swasta, Klinik dan UPTD Kesehatan
  • Menghasilkan bahan dokumen deskripsi Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Tahun 2017
  • Tim pengelola data dapat meng-upload yang terbaru serta ter-update 2017

PESERTA

Peserta Pertemuan Pemutakhiran Data Dokumen Deskripsi Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) Provinsi Bengkulu berjumlah 30 orang, terdiri dari :

  1. Bengkulu Tengah 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK Dinkes & 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD
  2. Kepahiang 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK Dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  3. Rejang Lebong 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK Dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  4. Lebong 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  5. Bengkulu Utara 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes & 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  6. Muko-muko 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  7. Seluma 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  8. Bengkulu Selatan 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  9. Kaur 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  10. Kota Bengkulu 2 orang terdiri dari 1 orang staf pengelola data SDMK dinkes dan 1 orang staf pengelola data SDMK RSUD.
  11. RSUD M. Yunus 1 orang terdiri dari 1 orang pengelola data SDMK RSUD M. Yunus.
  12. RS Bhayangkara 1 orang terdiri dari 1 orang pengelola data SDMK RS Bhayangkara
  13. Tim pengelola data Dinkes Prov. Bengkulu 8 orang terdiri dari Pengelola data Dokdes Dinkes Prov

NARASUMBER

  1. BPPSDM Kesehatan Kemenkes RI
  2. Kadinkes Provinsi Bengkulu
  3. Tim Pengolah Data Dokumen Deskripsi SDMK Provinsi

TEMPAT DAN WAKTU

Pertemuan ini diselenggarakan di Hotel Madeline Jalan Sudirman Kota Bengkulu selama 3 (tiga) hari dari tanggal 15 s.d 17 Maret 2017

MATERI

  1. Penggunaan software SIMPPSDM
  2. Pedoman Penyusunan Dokumen Deskripsi PPSDMK
  3. Penyajian data format table 1-5 serta pengisian Form Nakes

MEKANISME

  1. Arahan dan masukan dari narasumber pusat
  2. Penyajian data
  3. Tanya jawab