Oleh: Oyon Kanedi, SKM (Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Mukomuko

Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan yang berwawasan kesehatan dengan tersedianya pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau bagi setiap orang yang didukung oleh tenaga kesehatan yang berkualitas, bermoral dan beretika serta melibatkan peran serta aktif masyarakat dan swasta dalam menciptakan lingkungan hidup sehat untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal di wilayah Kabupaten Mukomuko. Maka untuk mencapai keadaan tersebut telah dilakukan berbagai upaya pelayanan kesehatan masyarakat.

 

Salah satu program/kegiatan unggulan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko pada tahun 2017 ini adalah survei dan pembinaan pada masyarakat untuk ber Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kegiatan ini difokuskan di Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya. Diharapkan dengan dibinanya masyarakat Desa tersebut dalam berperilaku hidup bersih dan sehat akan menjadi Desa percontohan PHBS bagi Desa-Desa yang lain khususnya di Kabupaten Mukomuko

Warga Pasar Bantal sedang melakukan rapat

 

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut berbagai upaya dan strategi telah di persiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, salah satu upaya yang telah direncanakan adalah dengan melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) guna menciptakan kemandirian masyarakat dalam  meningkatkan derajat kesehatan. Disamping itu strategi lain yang dilakukan adalah dengan pengadaan kendaraan operasional promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Kendaraan ini dilengkapi dengan layar monitor untuk memutar film2 bertema kesehatan. Dengan adanya kendaraan operasional promosi kesehatan yang beroperasi setiap hari di wilayah Kabupaten Mukomuko diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk perilaku hidup bersih dan sehat.

Masih banyak lagi strategi yang dapat dilakukan guna merubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat secara mandiri. Lebih Baik mencehah dari pada mengobati.