Oleh Sutanto, S.Kep Kasi Promosi dan PM Dinkes RL

Perubahan tren penyebab utama kematian akibat penyakit menular menjadi penyakit tidak menular (PTM) di dunia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini dapat kita lihat pada tabel-tabel berikut:

Kondisi ini akan terus terjadi seiring dengan pola hidup tidak sehat (diet tidak sehat dan seimbang, kurang aktivitas fisik, merokok, minum alkohol dan stress) yang masih dilakukan.

Dari 10 penyebab kematian utama untuk segala umur berdasarkan Sample Registrasi Sistem (SRS), delapan diantaranya adalah Penyakit Tidak Menular (PTM) yaitu Stroke di nomor pertama, penyakit Jantung Koroner di nomor kedua, dan Diabetes Melitus dengan komplikasi di urutan ketiga. Sementara urutan selanjutnya adalah Hipertensi dengan komplikasi (urutan 5), Penyakit Paru Obstruksi Kronis (urutan 6) dan Kecelakaan Lalu Lintas (urutan 8)

Adapun Faktor Risiko Perilaku Penyebab Terjadinya PTM, dapat dilihat dalam tabel berikut:

Meskipun kondisi diatas menggambarkan kondisi secara Global, namun dapat dijadikan acuan bahwa di level Propinsi atau Kabupaten/Kota di Indonesia, kondisinya tidak jauh berbeda, termasuk di kabupaten Rejang Lebong tercinta. Maka diperlukan berbagai langkah antisipasi agar kondisi ini dapat diperbaiki.

Menyikapi hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong melalui Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Masyarakat, diawal tahun 2017, membuat sebuah Inovasi Program yang diberi judul “Rejang Lebong Bergerak” dengan menggalakkan aktifitas fisik di tengah masyarakat.

Dimulai dari Dinas Kesehatan Rejang Lebong dengan senam dan olahraga setiap hari Jumat, diikuti oleh Puskesmas-Puskesmas dengan mengajak dan melibatkan masyarakat sekitar baik secara kelompok tertentu semisal kelompok Lansia maupun secara perorangan atau gabungan kelompok.

Tentu saja kegiatan ini masih teramat baru, masih dalam tahap persiapan Launching, sehingga masih butuh waktu untuk sosialisasi dan melihat hasilnya, masih juga ditemukan banyak kesulitan dan kelemahan dalam pelaksanaannya, namun dengan semangat bersama, sambil terus membenahi semua kekurangan yang ada, kita boleh berharap bahwa program ini dapat membuat Visi Rejang Lebong Sehat menjadi nyata.

Berikut beberapa rekaman kegiatan dari Dinas dan Puskesmas se Kabupaten Rejang Lebong:

Senam Bersama para Lansia di Puskesmas Kota Padang, Kecamatan Kota Padang

Bersama Kader dan Lansia di Puskesmas Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang

Karena Hujan, Senam dilakukan di dalam ruangan, Puskesmas Beringin Tiga, Kecamatan Sindang Kelingi

Pemeriksaan Tekanan Darah setelah senam di Kantor Camat Curup tengah, Wilayah kerja Puskesmas Perumnas

Senam tiap Jumat di Halaman Dinkes RL dengan Instruktur handal Kabupaten, Ibu Sridiany, S.Kep

Arahan Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ibu Fitri Hijazi, SE.

Sebelum kegiatan senam bersama masyarakat di Kelurahan Talang Benih wilayah kerja Puskesmas Curup