Oleh Rahmi Suswanti, SKM., MM

Pengertian :

Jerawat adalah kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan. Kelebihan produksi kelenjar minyak ini (sebaceous gland) akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Sering kali ia akan menyebabkan peradangan pada kulit (kulit membengkak dan menjadi kemerah-merahan). Peradangan pada kulit ini disebabkan oleh berlebihnya produksi kelenjar minyak kulit atau sebum yang kemudian menyumbat saluran kelenjar dan membentuk komedo.

Kalau penyumbatan yang disebabkan oleh kelenjar minyak kulit ini akan semakin membesar maka komedo akan terbuka (blackheads) dan kemudian sering kali berinteraksi atau terkena bakteri jerawat. Kalau kamu menemukan jerawat dengan nanah biasanya bisa dipastikan jerawat tersebut telah terinfeksi dengan bakteri.

Jerawat sering kali muncul di bagian tertentu tubuh Anda, yang paling mudah terkena jerawat biasanya adalah bagian muka, dada, bagian atas lengan serta punggung. Kemunculan jerawat biasanya dimulai atau terjadi ketika masa-masa pubertas atau mulai menginjak dewasa antara 14 sampai 19 tahun. Hal ini disebabkan oleh terjadi perubahan hormonal pada remaja yang menginjak dewasa.

Munculnya efek psikologis bagi seseorang yang berjerawat adalah fakta bahwa dengan adanya jerawat wajah menjadi tidak lagi mulus dan cantik. Bahkan tidak jarang jerawat akan meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang seumur hidup. Efek paling berpengaruh dari bekas jerawat atau timbulnya jerawat ini adalah efek kejiwaan seperti seseorang yang tadinya tidak berjerawat ketika mengalami pertama kali ia menjadi susah dan depresi. Kepercayaan diri pun menjadi berkurang karenanya.

Penyebab Jerawat :

  1. Akibat faktor genetik

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, kemungkinan karena keluarga Anda memiliki jenis kulit berminyak. Genetik kelebihan kelenjar minyak di wajah kemudian juga anda alami. Perhatikan pula bahwa jika jenis kulit wajah Anda berminya, maka lebih baik membatasi asupan makanan berminyak sesegera mungkin.

  1. Akibat faktor psikologis

Bagi Anda yang memiliki beban pikiran, lebih baik biarkan pikiran Anda rileks. Penyebab beban pikiran yang mengarah pada stress akan memicu pertumbuhan jerawat.

 

 

  1. Akibat kosmetik

Bagi Anda yang memang harus memakai kosmetik ketika pergi maupun hanya di rumah, pastikan untuk segera membersihkannya setelah tidak diperlukan. Apalagi bagi Anda yang kerap memakai kosmetik secara tebal. Jika tidak kunjung dibersihkan, maka itulah yang akan menyebabkan pertumbuhan dari jerawat. Sebab bagian dari pori-pori wajah Anda akan tersumbat oleh kosmetik yang Anda pakai.

  1. Akibat konsumsi pil KB

Bagi wanita yang sudah menikah dan harus mengkonsumsi pil KB, juga dapat memicu pertumbuhan dari jerawat. Pil KB akan menyebabkan jerawat muncul karena ada perubahan yang imunitas di dalam tubuh.

 

  1. Faktor makanan seperti gula, susu, dan caffein

 

Bahaya Jerawat :

  1. Remaja merasa kepercayaan dirinya menurun
  2. Jerawat yang sulit diatasi, membuat para remaja frustasi yang berujung pada depresi
  3. Remaja yang memiliki jerawat yang cukup parah biasanya mereka akan memakai obat-obatan yang dapat menghilangkan jerawat, obat-obatan jerawat yang tidak dipakai menyebabkan efek samping ketidakstabilan mental dan akhirnya memicu untuk bunuh diri.

 

Cara mencegah timbulnya jerawat :

  1. Rajin membersihkan wajah setelah menggunakan make up dan sebelum tidur secara rutin

  1. Hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan
  2. Hindari pemakaian sabun anti septik
  3. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti coklat, permen dan makanan berminyak
  4. Hindari memegang, memencet, dan menggosok jerawat agar tidak terjadi infeksi
  5. Gunakan masker dari bahan alami seperti masker timun, masker madu, masker kuning telur dan masker buah kenari
  6. Minum air 8 gelas sehari

Cara menghilangkan jerawat juga dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

  1. Cara tradisional yaitu dengan rajin mencuci muka dan menggunakan masker secara alami seperti masker avokad, stroberi, tomat, lemon dan anggur

  1. Cara modern yaitu dengan menggunakan teknologi atau peralatan canggih dari dokter.